Home / BAHARKAM / POLSEK CARITA ADAKAN SOSIALISASI KEAMANAN DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT

POLSEK CARITA ADAKAN SOSIALISASI KEAMANAN DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT

0fd711c0-5741-4cbf-80d0-7adb9867ec25

Tribratanewsbanten.polri.go.id – Lingkungan merupakan daerah di mana sekumpulan masyarakat yang beraneka ragam tinggal dan berinteraksi antara satu dan lainnya. Lingkungan yang sehat, bersih, aman, dan tertib itulah yang diidamkan oleh warganya. Perlu dukungan kesadaran masing-masing warganya untuk mengkondisikan dirinya untuk bersikap tertib yang dapat dilakukan dengan cara bersikap kondusif, kooperatif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan tersebut, atau dapat pula menjaga lingkungannya dengan membentuk sistem keamanan lingkungan (siskamling) atau keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Sistem inilah yang menjadi polemik di masyarakat yang dianggap hal yang tidak terlalu penting untuk dijalankan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan tempat tinggalnya.

Mengantisipasi berbagai gangguan kamtibmas baik itu yang berkaitan dengan teror bom, tindakan kriminal yang bisa meresahkan warga masyarakat sampai penyalahgunaan narkoba yang dalam beberapa tahun terakhir ini menunjukkan peningkatan kepada taraf yang cukup mengkhawatirkan, jajaran Kepolisian  pun melakukan sosialisasi langsung terhadap warga masyarakat yang berada di wilayah hukum  Polda Banten  terutama kabupaten  Pandeglang, kata Kapolres Pandeglang AKBP Ary Satriyan kepada Tribratanewsbanten.com.

Hal ini diterapkan oleh Aipda Jayana Bhabinkamtibmas Polsek Carita yang mngadakan sosialisasi keamanan dan perlindungan masyarakat di aula desa carita kecamatan carita Senin (7/11) pagi. . Adapun materi sosialisasi mengenai tindakan bila terjadi gangguan kamtibmas, sosisalisasi tentang bahaya narkoba sampai materi arahan kewilayahan seperti pentingnnya pendataan tempat kost yang tidak menutup kemungkinan bisa dijadikan markas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan kejahatan ataupun teror yang bisa merugikan masyarakat.

Mengenai masalah penyalahgunaan narkoba, sosialisasi lebih ditekankan kepada para remaja terutama para pelajar dan mahasiswa karena keberadaan mereka sangat menentukan nasib bangsa. Pihak berwenang yang selalu mensosialisasikan dengan cara mengingatkan dan menghibau kepada masyarakat untuk menjalankan siskamling atau kamtibmas di lingkungannya agar aman dan terkendali.

About Trisno T Uji

Check Also

whatsapp-image-2020-01-16-at-16-34-33

Peduli Korban Banjir Bandang, Ditbinmas Polda Banten salurkan Bantuan Sembako

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN, Lebak -Sebagai bentuk kepedulian Polri khususnya Polda Banten dalam membantu warga yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *