Polsek Cilegon Tetapkan 4 Kelurahan Jadi Kampung Siaga Covid-19

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN,Cilegon- Polsek Cilegon Polres Cilegon Polda banten telah menetapkan kelurahan Ciwedus, kel. Ketileng, kecamatan cilegon dan kelurahan sukmajaya dan kelurahan Gedong Dalem kecamatan jombang, Kota cilegon sebagai Kampung Siaga Covid-19.

Menurut Kapolsek Cilegon Kompol H. Jajang Mulyaman, SH, tujuan pembentukan Kampung Siaga Covid-19 ini untuk memberikan edukasi dan inisiasi kepada masyarakat agar lebih fokus melakukan aksi kebaikan, sebagai sarana pencegahan Covid-19 di lingkungannnya

”Nantinya kampung siaga bisa dibentuk dan diperluas ke wilayah lain tidak hanya dikelurahan, namun juga Pasar siaga Covid 19 yang tujuannya bagaimana pencegahan penularan virus korona ini menjadi optimal.

Bahkan Ketua RT bersama dengan Relawan dan kelurahan melakukan pendataan kepada para pendatang

”Jika masuk ke lingkungan dan dilakukan pemeriksaan dan tes kesehatan.

Sementara itu, Lurah Gedong Dalem mengatakan, sebelum ada penetapan kampung siaga warga sudah melakukan langkah-langkah kewaspadaan antara lain, seperti ketika masuk ada fasilitas cuci tangan, pembatasan akses masuk.

‘kapolsek cilegon mengatakan ‘Langkah lain jika ada anggota masyarakat yang kebetulan kerja dari luar daerah agar melakukan isolasi mandiri di rumah.

Pihaknya sangat mendukung dengan penetapan kampung siaga dari Polsek Cilegon untuk lebih mengoptimalkan kewaspadaan warga terhadap penularan virus korona.

Bentengi kesehatan warga Salah satu peran Kampung Siaga Covid-19 ialah mensterilkan fasilitas umum dan sosial di tingkat RW dan RT dengan berbagai cara.

Program ini diwacanakan berperan dalam banyak hal, mulai dari sosialisasi terkait Covid-19, sterilisasi fasilitas sosial dan umum, mengaktifkan sistem keamanan warga, sistem informasi kesehatan warga.

Selain warga tetap, setiap tamu harus lapor 1×24 jam dan diperiksa kesehatannya ketika datang bertamu ke RT tersebut.

Meski demikian, Kapolsek Cilegon mengimbau agar warga di setiap RT untuk sementara tidak menerima tamu dulu, dan Belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Tidak keluar rumah kecuali adanya keperluan dengan tetap menjaga Physical Distancing

Kemudian, para warga bersama para Relawan Kampung Siaga Covid-19 diinstruksikan agar meminta para pedagang makanan keliling juga mematuhi protokol pencegahan penularan Covid-19.

“Mintakan pedagang makanan keliling menggunakan masker dan sarung tangan saat melayani pelanggan.

Bentuk satuan keamanan untuk menjaga kemungkinan terburuk akibat Covid-19. Koordinasi dengan pihak keamanan setempat, Babinkamtibmas dan Babinsa.

Di samping keamanan secara fisik, kapolsek juga menginstruksikan agar seluruh warga diajak bergabung dalam grup chat WhatsApp lingkungam.

About

Check Also

http://tribratanews.banten.polri.go.id/cegah-adanya-perang-sarung-anggota-polsek-rangkasbitung-polres-lebak-patroli-dialogis-taman-angklung/

Dalam rangka peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat,Polsek Cilegon Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan pengaturan arus …