PRESIDEN JOKOWI HADIRI HAUL Ke-124 SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI DI TANARA

edit-foto-presidenTRIBRATANEWS POLDA BANTEN – Pesantren An Nawawi Tanara menggelar Haul ke-124 Al-Magfurlah Syaikh Nawawi Al-Bantani pada Jumat, (21-7-2017). Pada peringatan haul kali ini, turut hadir Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo (Jokowi) yang tiba di Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang, Banten sekitar pukul 18.00 Wib.

Pesantren An-Nawawi Tanara merupakan pesantren asuhan KH. Ma’ruf Amin yang juga merupakan Ketua Umum MUI (Majelis Ulama Indonesia). Kedatangan Presiden Jokowi ke Tanara mendapat antusias warga masyarakat yang hadir dalam peringatan Haul tersebut.

Kehadiran Presiden Jokowi disambut langsung oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Kapolda Banten Brigjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo. Presiden tiba di Pesantren didampingi oleh Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua MUI KH Ma’ruf Amin.

Jokowi mengaku mengagumi sosok Syaikh Nawawi Al Bantani yang dapat mengharumkan nama Indonesia ke manca negara dengan karya dan dedikasi dalam dunia pendidikan agama. Masyarakat Indonesia, termasuk Banten harus bangga terhadap prestasi yang diraih Syeikh Nawawi Al Bantani.

“Saya senang bisa hadir di sini dan sangat kagum dengan sosok almarhum Syeikh Nawawi Al Bantani karena ulama Banten ini termasuk cendekiawan muslim terbaik,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Perlu diketahui, Syekh Nawawi Al-Bantani lahir di Tanara, Serang, pada 1230 Hijriah atau 1813 Masehi dan meninggal dunia di Mekkah pada 1314 Hijriah atau 1897 Masehi.

Syekh Nawawi Al-Bantani adalah seorang ulama Indonesia yang bertaraf Internasional yang menjadi Imam Masjidil Haram.

Ia bergelar Al-Bantani karena berasal dari Banten. Ia adalah seorang ulama dan intelektual yang produktif menulis kitab, jumlah karyanya tidak kurang dari 115 kitab yang meliputi bidang ilmu fiqih, tauhid, tasawuf, tafsir, dan hadis.

Karena kemasyhurannya, Syekh Nawawi Al-Bantani kemudian dijuluki antara lain Sayyid Ulama al-Hijaz (Pemimpin Ulama Hijaz), al-Imam al-Muhaqqiq wa al-Fahhamah al-Mudaqqiq (Imam yang Mumpuni).

Syekh Nawawi Al Bantani merupakan ulama besar asal Banten yang menjadi imam besar di Arab Saudi. Berkat keilmuannya di bidang agama Islam, Syekh Nawawi menjadi ulama yang disegani di Arab dan juga di Indonesia.

*sumber : Okezone – Poskotanews – Detik.com

Publish : Bripka Syarif. H

About

Check Also

Layanan Larangan Mudik, Kompolnas Apresiasi Polda Banten

MERAK — Kompolnas mengapresiasi Polda Banten yang mengkoordinasi berbagai unsur terkait paduan kerja kemanusiaan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *