Sidak Apotek Mancak Farma, Personel Bhabinkamtibmas Polsek Mancak Polres Cilegon Polda Banten Antisipasi Peredaran Obat Berbentuk Sirup.

Cilegon ~ Menindaklanjuti atensi pimpinan terkait peredaran obat berbentuk sirup yang memicu gagal ginjal pada usia anak, jajaran personel Bhabinkamtibmas Polsek Mancak Polres Cilegon Polda Banten, melakukan sidak terhadap apotek yang berada di Desa binaannya. Selasa (25/10/2022).

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro, yang saat ini diwakili Kapolsek Mancak Polres Cilegon Polda Banten IPTU Asep Gundara YSE, di tempat terpisah menjelaskan bahwa saat ini Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menyarankan agar menghindari penggunaan obat sirup untuk anak-anak karena mengandung Dietilen Glikol (DEG) maupun Etilen Glikol (EG) yang diduga mengakibatkan gagal ginjal akut pada anak bahkan bisa berakibat kematian pada anak, untuk itu menekankan kepada jajaran personel Bhabinkamtibmas untuk mengecek Apotek yang ada di Desa binaannnya.

Salah satu Apotek yang berada di Wilayah Kecamatan Mancak adalah “Apotek Mancak Farma”, yang berada di lingkungan Kampung Prapatan Rt 002/001, Desa Mancak, untuk itu BRIPKA Darsiwan sebagai personel Bhabinkamtibmas Desa tersebut melakukan pengecekan terkait obat berbentuk sirup yang dijual di tempat tersebut, apakah termasuk daftar obat yang mengandung DEG dan EG tersebut di atas.

Dari pengecekan di Apotek Mancak Farma tersebut dan berdasarkan keterangan dari Apoteker Sdri Ayu, menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengemas semua obat berbentuk sirup yang masuk kategori tersebut di atas, seperti obat merk Unibebi Cough Syrup, merk Termorex Sirup turun panas dan merk Unibebi Paracetamol Drop, ke dalam kardus menunggu pihak distributor untuk menariknya kembali dan sudah tidak menjualnya lagi, “Ungkap Darsiwan.

Kapolsek Mancak Polres Cilegon Polda Banten berharap di wilayah Kecamatan Mancak nantinya tidak ditemukan obat berbentuk sirup yang saat ini tidak boleh diperjual belikan/konsumsi, dan melalui peran jajaran personel Bhabinkamtibmas untuk mengedukasi terhadap warga masyarakat akan bahaya mengkonsumsi obat berbentuk sirup terutama bagi kalangan anak – anak, ayo jaga pola hidup sehat dan jaga kesehatan keluarga kita bersama, “Tutupnya.

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …