Silaturahmi Merupakan Sebuah Harta, Karena Hakikat Silaturahmi Ialah Membangun Keluarga

img-20170706-wa0085

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – Polres Kota Tangerang, Sebagai manusia, silaturahmi adalah sebuah hakikat. Silaturahmi adalah hal yang paling prinsipil dalam hidup manusia sebagai mahluk sosial (homo socius). Sebab dalam silaturahmi, manusia bisa saling berinteraksi dan berbagi.

Hari ketiga saya menjabat Kapolresta Tangerang, saya membangun silaturahmi dengan unsur pimpinan daerah Kabupaten Tangerang. Saya ber-silah ar-rahim dengan Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Bapak H Mad Romli dan dengan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang Bapak Firdaus. Saya juga sowan ke Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tangerang KH Ues Nawawi dan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tangerang KH Encep Subandi.

Kenapa saya bersilaturahmi? Karena saya meyakini silaturahmi memiliki kekuatan. The power of Silaturahmi (Kekuatan Silaturahmi) adalah terbangunnya hubungan kekerabatan. Saya meyakini, silaturahmi tidak hanya menciptakan koneksi profesional. Namun, silaturahmi juga melahirkan ikatan emosional.

Dalam Alquran, kata “Al-arham” tertulis dalam 7 ayat. Semuanya bermakna rahim atau kasih sayang atau kerabat. Al-arham diikat dengan kata “silah” yang bermakna hubungan atau ikatan. Sehingga the power of silaturahmi adalah ikatan kekerabatan.

Silaturahmi dengan unsur pimpinan daerah bukan sekadar kerja profesional. Bukan sekadar tuntutan profesi. Namun, di dalamnya ada penyampaian visi dan penyamaan persepsi.

Keselarasan sudut pandang baik unsur dewan maupun dengan unsur kejaksaan jelas diperlukan. Hal itu sebagai bekal saya dalam menjalankan amanat sebagai Kapolresta Tangerang. Sebab saya sadar betul, tanpa dukungan keduanya, bisa jadi saya tidak akan mampu bekerja.

Silaturahmi dengan ulama tentu bukan melaksanakan pekerjaan semata. Namun itu bentuk takzim (hormat) saya kepada para pemuka agama. Saya sangat mafhum (memahami), tanpa doa ulama, mungkin kerja saya tidak mendapat ridho Sang Maha Pencipta.

Silaturahmi menyediakan ruang bertegur sapa dan berbagi cerita. Silaturahmi tidak jarang menimbulkan gelak tawa sehingga keakraban kian perkasa. Silaturahmi adalah harta karena hakikat silaturahmi adalah membangun keluarga.

Silaturahmi bukan untuk pencitraan. Silaturahmi adalah anjuran Tuhan. Sebab, Tuhan menuntut kita untuk tidak hanya Hablum Minallah tapi juga Hablum Minannas. Kita harus baik kepada Allah dan baik kepada manusia.

Kekuatan silaturahmi mampu mengikis rasa apriori. Memberangus (batas) sekat demarkasi (batas pemisah). Dan, menumbangkan jarak sehingga kita bisa saling mengerti.

Jadi, bagi anda yang masih ogah bersilaturahmi, mungkin anda belum merasakan dahsyatnya the power of silaturahmi. Wallahu a’lam.


Penulis : Sabilul Alif
Editor   : andriatna, iman
Publish : iman

About

Check Also

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Kapolres Serang Serahkan 36 Unit Kendaraan Dinas Kepada Satuan Sabhara dan Polsek Jajaran

TRIBRATANEWS POLDA BANTEN - Kapolres Serang, AKBP Wibowo menyerahkan 36 kendaraan dinas kepada Satuan Fungsi serta Polsek Jajaran Polres …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *