Situasi Berangsur Normal, Kabid Humas Polda Banten Update Kondisi Terkini


Cilegon – Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga memberikan informasi terupdate terkait kondisi arus mudik menuju Pelabuhan Merak pada Sabtu (30/04) malam.

Dari pantauan hingga pukul 20.00 WIB kondisi berangsur ke arah normal. Situasi terkini baik di jalur tol, jalur arteri kemudian kantong-kantong parkir tiap dermaga disimpulkan kondisi sudah mengarah ke normal.

“Kita bersyukur situasi kondisi di jalur tol, jalur arteri hingga ke dermaga baik di Pelabuhan Merak, Pelabuhan Indah Kiat, Pelabuhan BBJ Bojonegara dan Pelabuhan Pelindo berangsur-angsur normal,” hal ini disampaikan Kabid Humas saat diwawancara di Pelabuhan Merak pada Sabtu (30/04) malam.

Sesuai data hasil analisa periode Sabtu (30/04) pukul 08.00 WIB sampai 19.00 WIB diperoleh informasi bahwa kapal yang beroprasi dalam 12 jam pada hari ini adalah sebanyak 45 unit dengan 55 trip, mengangkut jumlah penumpang 60.667 orang dan jumlah kendaraan sebanyak 14.294 kendaraan.

“Sesuai dengan analisa data, disimpulkan bahwa puncak arus mudik terjadi pada Jumat (29/04) pagi hingga Sabtu (30/04) pagi, atau periode 24 jam dengan 155.812 orang dan 37.692 kendaraan yang diangkut ke Sumatra dengan menggunakan 45 kapal,” jelas Shinto.

Juga berdasarkan data sejak Jumat (22/04) pagi hingga Sabtu malam ini terdapat 656.541 penumpang yang telah diseberangkan dan 158.076 kendaraan yang diangkut dari Banten ke Sumatra.

Kemudian sesuai dengan pantauan dari Command Center Biro Ops Polda Banten diperoleh informasi bahwa kepadatan tinggal sekitar 1 KM hingga ke KM 97 Tol Merak dan personel Polda Banten terus berada di lapangan untuk menarik arus kendaraan.

Selain itu, juga terpantau jalur arteri lancar dari exit Tol Cilegon Barat melintas ke pertigaan Tanjung Gerem hingga ke Pelabuhan Merak. “Jalur Cikuasa Atas tetap berlaku buka tutup dan personel Polda Banten tetap berjaga untuk menyalurkan kendaraan-kendaraan tersebut ke kantong-kantong parkir tiap dermaga dan tidak terdapat kepadatan pada dermaga-dermaga di Pelabuhan Merak malam ini,” kata Shinto.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi menuju normalnya Pelabuhan Merak malam ini adalah dengan telah beroprasinya tiga pelabuhan lainnya yaitu Pelabuhan Indah Kiat, Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara dan Pelabuhan Pelindo Ciwandan.

Sampai dengan pukul 19.00 WIB Pelabuhan Pelindo telah beroprasi dua Kapal Motor Penumpang (KMP) Titian Nusantara dan KMP Panorama Nusantara yang mengangkut 900 penumpang dan 130 unit kendaraan.

Sementara itu, pada periode waktu yang sama telah diberangkatkan 4 unit KMP dari pelabuhan Bandar Bakau Jaya Bojonegara dengan jumlah kendaraan 234 unit kendaraan dan 515 penumpang.

“Untuk Pelabuhan Indah Kiat sesungguhnya telah dioprasionalkan pada Kamis (28/04) dengan mengangkut 358 kendaraan dan 1.406 penumpang. Selanjutnya pada Jumat (29/04) KMP Mutiara Ferindo VII telah mengangkut 361 unit kendaraan dengan 2150 penumpang dan pada Sabtu (30/04) juga telah diberangkatkan KMP Mutiara Berkah I yang mengangkut 623 unit kendaraan dan 2.152 penumpang kendaraan melalui Dermaga Indah Kiat,” kata Shinto.

Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto menyikapi kondisi yang berangaur normal ini, Kapolda mengapresiasi para pihak yang terlibat dalam percepatan pelayanan pemudik melalui pengoprasionalan dermaga dan armada kapal yang lain. “Apresiasi yang sangat tinggi kepada ASDP Pelabuhan Merak, KSOP, Pengelola Dermaga dan Pelabuhan serta pemilik kapal yang telah membantu percepatan pengangkutan pemudik ke Sumatra,” kata Rudy.

Terakhir Kapolda Banten juga mengucapkan terima kasih kepada para pemudik yang telah bersabar menunggu antrian menuju kapal dan menghimbau untuk tetap disiplin dalam Prokes serta berhati-hati dalam perjalanan bertemu dengan sanak keluarga di halaman. “Terimankasih atas kesabaran pemudik, tetap disiplin Prokes dan berhati-hati di jalan menikmati kebersamaan dengan keluarga di kampung halaman,” tutup Rudy. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …