Warga Non Muslim di Kota Serang Bantu Amankan Perayaan Lebaran, Kapolda Inginkan Kerukunan Beragama di Banten Jadi Barometer

img-20170625-wa0007

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – Kepala Kepolisian Daerah Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo inginkan Kota Serang sebagai barometer kerukunan antar umat beragama untuk daerah-daerah lainnya di seluruh Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan bentuk kegiatan pengamanan shalat dan perayaan Idul Fitri 1438 H oleh warga non muslim, anggota Polri serta TNI di Alun-alun Barat Kota Serang, Minggu (25/06).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kapolda Banten, Danrem 064/MY, Walikota Serang Pengurus Gereja Kristen Indonesia (KGI) yang tergabung dalam Badan Kerjasama Kristen Katolik (BK3) Kota Serang, serta unsur TNI dan SKPD Kota Serang.

Selain pengamanan shalat dan perayaan Idul Fitri di Alun-alun Kota Serang, Kapolda Banten berikut anggota dan warga non muslim lainnya turut membantu mempersiapkan alas shalat ied dan membagikan bingkisan seusai pelaksanaan shalat kepada masyarakat yang merayakan lebaran.

“bersama-sama kita turut membantu masyarakat Kota Serang mengamankan perayaan lebaran serta sedikit memberikan bingkisan,” ujar Kapolda Banten.

Lebih lanjut Kapolda mengungkapkan bahwa apa yang dilakukannya serta warga non muslim tersebut sebagai bentuk toleransi antar umat beragama. Sehingga diharapkan keharmonisan senantiasa terjalin demi mewujudkan kerukunan hidup beragama di wilayah Banten dan menjadi barometer di kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.

“Kerukunan antar umat beragama di wilayah banten agar senantiasa terus ditingkatkan, sehingga keharmonisan antar warga tetap terjalin, dan saya juga berharap kerukunan beragama di Wilayah Banten bisa menjadi barometer terhadap kerukunan beragama di daerah lainnya di Indonesia” ungkap Listiyo.

Sementara Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin mengatakan, kegiatan seperti ini baru pertama terjadi warga non muslim yang dipimpin para pendetanya serta anggota Polri dan TNI yang beragama Nasrani memberikan ucapan selamat hari raya idul fitri kepada warga yang sedang merayakan lebaran, selain itu ada bingkisan yang diberikan oleh mereka.

“Acara ini baru pertama terjadi warga non muslim yang dipimpin para pendetanya serta anggota TNI dan Polri yang beragama Nasrani memberikan ucapan selamat hari raya idul fitri kepada warga yang sedang merayakan lebaran, selain itu ada bingkisan yang diberikan oleh mereka,”

Ia menuturkan hal positif ini dapat membuktikan kepada masyarakat bahwa kerukunan antar umat beragama akan semakin harmonis tanpa memandang keyakinan masing-masing.

Kontributor : iman/rd
Editor : Syarif
Publish : iman

About

Check Also

Kapolresta Tangerang Ajak Masyarakat Tingkatkan Budaya Baca dan Menulis

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN, Tangerang – Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol H.M. Sabilul Alif mengajak masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *