Polres Cilegon Polda Banten adakan Rakor Lintas Sektoral dalam Rangka Pengamanan Pilkada Serentak

Cilegon – Pada Kamis, 22 Agustus 2024 pukul 10.20 Wib di Aula Wicaksana Laghawa Polres Cilegon Polda Banten dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam rangka pengamanan Pilkada serentak Tahun 2024.

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Kemas Indra Natanagara melalui  Wakapolres Cilegon Kompol Rifki Seftirian Yusuf memberikan sambutannya tentang  tujuan diadakan rapat ini adalah dalam rangka menyamakan persepsi terkait dengan pengamanan Pilkada serentak Tahun 2024 dimana dalam setiap kegiatan Pilkada harus adanya sinergitas demi menciptakan situasi yang aman dan lancar.

“Tahapan – tahapan Pilkada serentak Tahun 2024 mari kita lakukan sinergitas dengan berbagai pihak, kami mohon kerjasamanya demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif,” tandasnya.

Sementara itu KBO Sat Intelkam Polres Cilegon IPTU Imam Maryono tentang kerawanan tahapan pemutahiran data pemilih dan penyusunan data pemilih serta penyusunan daftar pemilih.

“Potensi kerawanan pada tahapan pemuktahiran data agar tidak adanya pemilih ganda, calon pemilih tidak masuk daftar pemilih, calon pemilih yang pindah alamat, meninggal dunia, Polri, TNI masih masuk daftar pemilih,” ujarnya.

“Potensi kerawanan pada saat pendaftaran pasangan calon seperti mobilisasi massa ke KPU dan Bawaslu dari calon yang tidak lolos pencalonan, aksi unras ke KPU dan Bawaslu terkait paslon yang tidak lolos pencalonan, pemalsuan dokumen, dan intimidasi penyelenggara,” tuturnya.

“Sedangkan untuk potensi kerawana pada saat masa kampanye Pemilu seperti polarisasi dukungan calon sehingga menimbulkan perpecahan di masyarakat, adanya black campaign / kampanye hitam, mobililasi masa, adanya gesekan antar pendukung, bentrok antar pendukung, intimidasi yang dilakukan pendukung, pawai masa kampanye, pelibatan ASN, anak dibawah umur saat kampannye dan tempat ibadah dijadikan tempat kampanye serta pengrusakan alat peraga kampanye (APK) pemilu” tuturnya.

About Admin Tribratanews

Check Also

Agar Berhubungan Baik Dengan Warga Anggota Polsek Maja Polres Lebak Laksanakan Sambang

Sambangi dan mengajak berdialog dengan masyarakat merupakan salah satu Aipda Nugroho Polsek maja Polres Lebak …