APEL BHABINKAMTIBMAS POLDA BANTEN, KAPOLDA : BHABINKAMTIBMAS PUNYA PERANAN PENTING DALAM UPAYA MENJAWAB TANTANGAN TUGAS POLRI KEDEPAN

img-20161227-wa0003_1482854848807

Tribratanews.banten.polri.go.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan secara simbolis kendaraan operasional kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4 kepada Bhabinkamtibmas jajaran Polda Banten dalam kegiatan Apel Bhabinkamtibmas di lapangan apel Mapolda Banten, Selasa (27/12).

Dalam amanatnya Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Apel Bhabinkamtibmas ini dilaksanakan sebagai wahana yang sangat strategis untuk melakukan pengecekan kekuatan dan kesiapan Bhabinkamtibmas jajaran Polda Banten.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut dapat dilakukan evaluasi untuk meningkatkan peran Bhabinkamtibmas guna menghadapi tantangan tugas serta tuntutan dan harapan masyarakat terhadap Polri yang semakin berkembang.

Mencermati situasi kamtibmas dan tantangan tugas yang semakin komplek, maka Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan Polri yang selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat. “tentunya Bhabinkamtibmas mempunyai peranan penting dalam upaya menjawab tantangan tugas Polri kedepan dan melakukan berbagai upaya untuk meraih kepercayan publik,”

Upaya tersebut dapat dilakukan dengan mengintensifkan kegiatan pre-emtif, preventif dan penehakan hukum yang diiringi dengan memperkuat sinergitas polisional bersama dengan seluruh komponen masyarakat.

Yang dimaksud dengan upaya pre-emtif disini adalah upaya-upaya awal yang dilakukan oleh pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya tindak pidana. Usaha-usaha yang dilakukan dalam penanggulan kejahatan secara pre-emtif menanamkan nilai-nilai/norma-norma yang baik sehingga norma-norma tersebut terinternalisai dalam diri seseorang.

Sedangkan preventif merupakan tindak lanjut dari upaya pre-emtif yang masih dalam tataran pencegahan sebelum terjadinya kejahatan. Dalam upaya preventif ditekankan adalah menghilangkan kesempatan untuk dilakukannya.

Perlu diketahi bersama, sampai saat ini kekuatan Bhabinkamtibmas Polda Banten adalah sebanyak 802 personel yang bertugas pada 1.300 desa yang tersebar di seluruh wilayah hukum Polda Banten. Yang mana rasio jumlah kekuatan dan besarnya wilayah tugas personelnya belum memenuhi kebijakan Pimpinan Polri, yaitu satu desa satu Bhabinkamtibmas.

Mengingat begitu besarnya peranan Bhabinkamtibmas, maka sebagai wujud komitmen pimpinan Polri, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyerahkan 300 unit speda motor inventaris kepada para Bhabinkamtibmas yang belum memiliki kendaraan operasional.

Selain itu akan diserahkan 4 unit kendaraan roda 4 kepada Polresta Tangerang, Polres Cilegon, Polres Lebak, dan Polres Pandeglang untuk dipergunakan sebagaibsarana penunjang dalam melaksanakan tugas dilapangan.

About

Check Also

Tekan Angka Kriminalitas, Polsek Cikulur Polres Lebak Laksanakan Patroli Dialogis.

Lebak. Guna menekan Angka Kriminalitas atau aksi Kejahatan, Polsek Cikulur Polres Lebak Polda Banten Laksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *