Bhayangkari Polres Serang, Bagikan Akte Kelahiran Secara Gratis Kepada Warga

photo_2017-10-12_11-14-05

SERANG – (12/10/2017) Bertempat di Aula II Mapolres Serang, dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Bayangkari (HKGB) yang ke-65 tahun 2017, Bhayangkari Cabang Serang bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Serang menyelenggarakan acara pembagian Akta Kelahiran secara gratis kepada Masyarakat.

Pembagian Akta Kelahiran gratis mengambil tema “Bhayangkari Ikut Peduli Terhadap Hak Sipil Indonesia Melalui Pembuatan Akte Kelahiran,” dihadiri oleh ketua Bhayangkari Cabang Serang Ny. Sofi Wibowo, pengurus Bhayangkari Cabang Serang dan Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Serang.
Pada kesempatannya Ketua Bhayangkari Cabang Serang Ny. Sofi Wibowo mengatakan bahwa, ” Bhayangkari adalah sebagai wadah atau organisasi istri anggota Polri yang berulang tahun ke 65 harus mengikuti dinamika perkembangan zaman, salah satunya melakukan kegiatan sosial bekerja sama dengan Kandispenduk Capil mengusahakan Akta Kelahiran bagi warga, hal tersebut menurutnya sangat penting, sebab tolak ukur keberhasilan ekonomi suatu negara dapat dilihat dari kelahiran, perkawinan dan harapan hidup warga masyarakat, Semua ini dibiayai anggaran negara, kita hanya bisa membantu supaya warga lebih mudah mendapatkan, karena suatu saat Akta ini menjadi salah satu syarat untuk bersekolah bagi anak maupun dalam mencari pekerjaan,” begitu ucapnya.

Kedudukan hukum seseorang dimulai pada saat ia dilahirkan dan akan berakhir pada saat ia meninggal. peristiwa kelahiran sampai dengan kematian seseorang, akan membawa akibat-akibat hukum yang sangat penting tidak saja untuk yang bersangkutan sendiri, akan tetapi juga bekas isteri atau bekas suami dan anak-anak mereka,  Berdasarkan itu, maka sangatlah perlu seseorang itu memiliki dan memperoleh suatu tanda bukti diri dalam kedudukan hukumnya, supaya mudah mendapatkan kepastian tentang kejadian-kejadian tersebut.

Ada tiga alasan mengapa pencatatan kelahiran itu penting :

  1. Pencatatan kelahiran adalah pengakuan formal mengenai keberadaan seorang anak, secara individual terhadap negara dan status anak dalam hukum.
  2. Pencatatan kelahiran adalah elemen penting dari perencanaan nasional. Untuk anak-anak, memberikan dasar demografis agar strategis yang efektif dapat dibentuk.
  3. Pencatatan kelahiran adalah cara untuk mengamankan hak anak lain, misalnya identifikasi anak sesudah berperang, anak ditelantarkan atau diculik, agar anak dapat mengetahui orang tuanya (khususnya jika lahir diluar nikah), sehingga mereka mendapat akses pada sarana atau prasarana dalam perlindungan negara dalam batas usia hukum (misalnya : pekerjaan, rekruitment ABRI, dalam sistem peradilan anak) serta mengurangi atau kemungkinan penjualan bayi.
Editor : Muridi
Publish : Irwan Nova. A

About

Check Also

Kapolri Tegaskan Soliditas dan Sinergitas TNI-Polri akan Wujudkan Kekebalan Komunal

JAKARTA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau secara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *