Cegah covid-19 TNI Polri Bersinergi Bersihkan pelabuhan merak

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN,CILEGON- Sejumlah anggota Kepolisian Daerah Banten dibantu unsur TNI membersihkan beberapa tempat dan fasilitas umum yang dianggap menjadi tempat paling sering dikunjungi atau menjadi tempat yang sering terjadi persinggungan antar penumpang di Pelabuhan Merak.

Mulai dari ruang tunggu, tempat duduk penumpang, kaca-kaca Pelabuhan, eskalator hingga tempat ATM pun tak luput menjadi sasaran untuk dibersihkan oleh para petugas.

Mewakili Kapolda Banten, Kabag Ops Polres Cilegon, Kompol Kamarul Wahyudi mengatakan, kegiatan yang dilakukan kali ini selain dalam rangka mengecek kesiapan jelang arus mudik lebaran, dilakukan pula kesiapan pencegahan dini penyebaran virus corona di Pelabuhan Merak.

“Dilihat deteksi dininya bagaimana, pencegahan untuk melakukan langkah-langkah agar tidak ada yang terjangkit disini. Karena disini kan lalu lintas orang dan barang, tentu kita ga tau mana yang terjangkit. Makanya dilakukan pengecekan suhu udara disini, suhu badan bagi penumpang. Dan ternyata itu sudah dilakukan pula oleh ASDP,” kata Kompol Kamarul disela-sela kegiatan, Sabtu (14/3/2020) siang.

Bukan hanya melakukan kerjabakti dan pembersihan tempat-tempat yang sering dikunjungi orang saat berada di Pelabuhan, para Petugas Kepolisian pun turut melakukan pengecekan ke Kapal Ferry yang akan digunakan untuk mengangkut para penumapang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheuni Lampung.

Bahkan, Kapolda Banten beserta jajarannya melakukan peninjauan langsung kedalam Kapal untuk memastikan kelayakan Kapal dalam menghadapi arus mudik lebaran mendatang. Mulai dari dek kapal, anjungan, hingga ruang untuk para penumpang turut menjadi perhatian Kepolisian.

“Kita ngecek kesiapan petugas, kesiapan Kapal, karena sinergitas TNI Polri dan ASDP itu biasa, tidak dilakukan oleh satu pihak saja,” ujarnya.

Ditempat yang sama, General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Pelabuhan Merak, Hasan Lessy menyampaikan, jika sampai saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada para penumpang untuk mencegah penyebaran virus corona di Pelabuhan Merak.

“Kita sudah siapkan, sudah kita sosialisasi, kita menginginkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kita anjurkan bersih-bersih tangan, kita berikan masker, terus kita cek setiap penumpang dengan alat pengukur suhu badan juga,” ungkap Hasan.

Sejumlah instansi seperti KKP dan BPTD turut dilibatkan PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Pelabuhan Merak untuk melakukan sosialisasi pencegahan dini penyebaran virus corona di Pelabuhan Merak.

“Kita ingin Merak bisa terbebas dari paparan virus corona, dan sampai sekarang pun masih kondusif,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang penumpang asal Lampung, Dani memberikan apresiasinya atas kinerja pihak Kepolisian dalam melakukan pencegahan dini penyebaran virus corona di Pelabuhan Merak. Sehingga hal itu berdampak pada keamanan dan kenyamanan penumpang di Pelabuhan Merak.

“Terimakasih sebelumnya kepada Bapak-bapak Polisi, sudah memberikan ketenangan bagi kami, ini tentu memberikan jaminan bagi kami para penumpang untuk tidak panik soal penyeberan virus corona,” ungkapnya.

About

Check Also

Panglima TNI Dan Kapolri Sidak PPKM Di Tiga Lokasi DKI Jakarta

JAKARTA– Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan inspeksi mendadak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *