Dirlantas Polda Banten Jelaskan Penyebab Antrian Kendaraan di Pelabuhan Merak

Cilegon – Kondisi terkini Pelabuhan Merak H-4 sebelum Lebaran telah terjadi antrian kendaraan yang menuju ke Pelabuhan Merak, hingga mencapai KM 96 tepatnya 1 km sebelum gerbang tol Merak pada Sabtu (06/04).

Dalam kesempatannya Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Leganek Mawardi menjelaskan penyebab terjadinya antrian tersebut. “Telah terjadi antrian menuju Pelabuhan Merak dikarenakan meningkatnya volume kendaraan dari arah jakarta yang akan menggunakan jasa penyebrangan Pelabuhan Merak ASDP dengan tujuan Pulau Sumatera, dimana jumlah dermaga pelabuhan tidak sebanding dengan volume kendaraan yang masuk,” katanya.

Untuk mengurai antrian tersebut Direktorat Lalu Lintas melakukan beberapa langkah. “Untuk mengatasi hal tersebut kami akan melakukan penundaan keberangkatan atau Delay System di rest area KM 43 A , rest area KM 68 A, maupun ruas jalan cikuasa atas sebelum fly over Merak,” tambahnya.

Selanjutnya Dirlantas menerangkan bahwa Delay system pada ruas jalan cikuasa atas dimaksudkan agar tidak menganggu aktivitas warga lokal, karena hanya terdapat 1 akses jalan yang menuju ke pelabuhan dan itu juga digunakan untuk masyarakat sekitar Pelabuhan Merak.

Untuk menunjang kenyamanan saat pelaksanaan delay syatem petugas telah menyiapkan fasilitas-fasilitas yang diperlukan. “Dalam pelaksanaan delay syatem petugas juga telah menyiapkan makanan ringan dan minuman serta menyiapkan fasilitas lain seperti toilet umum kepada para pemudik yang disiapkan dipinggir jalan tol,” ungkap Dirlantas.

Diakhir Dirlantas memberikan imbauan kepada para pemudik. “Diharapkan para pemudik dapat bersabar saat menagntri menuju pelabuhan serta patuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas agar tercipta mudik yang aman, transportasi nyaman, tanpa hambatan,” tutup Dirlantas Polda Banten. (Bidhumas)

About admin

Check Also

Pererat Tali Silaturahmi Kanit Samapta Polsek Cibeber Polres Cilegon Polda Banten Manfaatkan Jumat Curhat melalui Berbincang bersama petugas kecamatan Cibeber kota Cilegon

Dalam rangka mempererat Tali silaturahmi Polri dengan Masyarakat, IPTU Agus Hendratmo selaku kanit Samapta Cibeber …