Ditlantas Polda Banten Ikuti Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat


Jakarta – Personel Ditlantas Polda Banten dan Satlantas Polres jajaran Polda Banten mengikuti pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) tahun 2022 yang diadakan oleh Korlantas Polri bertempat di Ballroom Hotel Fave PGC Cililitan Jakarta Timur selama 2 hari pada Senin (21/03) dan Selasa (22/03).

Kegiatan ini dibuka oleh Kasubdit Laka Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Hotman Sirait mewakili Dirgakkum Korlantas Polri yang juga dihadiri oleh para pejabat Subdit Gakkum Korlantas Polri, Ketua Perhimpunan Dokter Ahli Emergensi (Perdamsi) dan Narasumber dr. Johannes, Sp., Em.

Dalam sambutannya Dirgakkum Korlantas Polri yang dibacakan oleh Kasubdit Laka Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Hotman Sirait menyampaikan melalui Kegiatan Pelatihan PPGD ini diharapkan dapat mengurangi Fatalitas korban Laka Lantas yang mana selama ini oleh masyarakat pelaksanaan PPGD terhadap korban laka lantas, pengetahuannya masih kurang, sehingga mengakibatkan korban laka lantas tidak tertolong.

“Pelatihan ini difokuskan kepada personel lalu lintas yang bekerja dilapangan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas penanganan PPGD laka lantas dan diharapkan semua pengetahuan yang akan diajrkan oleh para Narasumber dapat di implementasikan dilapangan,” ungkapnya.

Prinsip utama PPGD adalah menyelamatkan pasien dari kematian pada kondisi gawat darurat. Kemudian filosofi dari PPGD adalah “Time Saving is Live Saving/strong”, dalam artian bahwa seluruh tindakan yang dilakukan dalam kondisi gawat darurat haruslah benar-benar efektif, dan efisien, karena pada kondisi tersebut pasien dapat kehilangan nyawa dalam hitungan menit saja.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto melalui Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Banten Kompol Kamarul Wahyudi mengatakan, “Personel kita dari Ditlantas dan Satlantas jajaran Polda Banten terutama dibidang penanganan laka lantas sedang mengikuti pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) yang dilaksanakan oleh Korlantas Polri,” kata Kamarul Wahyudi.

“Pesan saya agar para personel lalu lintas yang mengikut pelatihan PPGD dilaksanakan dengan penuh semangat, ikuti semua kegiatan hingga selesai, ilmu yang didapat nanti bisa diterapkan dalam penanganan korban laka lantas,” tutup Kamarul Wahyudi. (Bidhumas).

About admin _

Check Also

Personil polsek bojong polres pandeglang lakukan giat patroli di malam hari antisipasi adanya tindak kejahatan dan penyakit masyarakat (pekat)

Pandeglang polsek bojong – Dalam rangka memberikan rasa aman, nyaman diwaktu istirahat di malam hari …