DKPP Kabupaten Pandeglang, Laksanakan Sekolah Lapang Untuk Peningkatan Ketrampilan Petani

Untuk mengantisipasi perubahan lingkungan strategis yang berkembang pada abad 21 ini dan Krisis pangan global yang sedang melanda, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang, Banten, adakan kegiatan Sekolah Lapang (SL) di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang. Untuk kesempatan kali ini, Sekolah Lapang tersebut dilaksanakan di Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang, Banten.

Salah Satu tujuan kegiatan SL di Kecamatan Pagelaran kali ini adalah, peningkatkan keterampilan dan peran petani dalam pembangunan pertanian. Kegiatan ini dimaksudkan agar petani dapat meningkatkan ilmu dan keterampilannya, dengan begitu produktifitas pertanian akan meningkat. Kegiatan SL ini dilaksanakan 4 kali pertemuan disetiap kecamatan dengan total 35 unit Sekolah Lapangan.

“Bukan hanya teori namun lebih kepada peraktek dilapangan, dan pada sekolah lapang ini, petani diberi ilmu tentang budidaya padi pro-organik dengan membuat pupuk organik dan pestisida hayati,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP, Rabu (20/09/2023) kepada awak media.


Selama ini, lanjut Kadis, pupuk menggunakan kimia, tentu akan timbul kejenuhan pada lahan, kita coba kearah organik dengan belajar membuat biosaka sebagai elisitor tambahan nutrisi bagi tanaman padi. Dengan begitu akan mendukung peningkatan produksi pertanian.

“Ibu Bupati sangat mendukung sekali pada program pertanian, selama ini pandeglang berkontribusi banyak dalam bidang pangan baik di Provinsi Banten maupun nasional,” pungkasnya.


Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Pandeglang, Uun Junandar mengatakan, petani yang akan dilatih satu kecamatan ada 50 Orang di 35 Kecamatan yang terdiri dari pengurus kelompok tani maupun anggotanya.

“Pemda Pandeglang konsen dalam peningkatan kapasitas para petani, dalam rangka peningkatan produktifitas pertanian dan mendukung dengan nyata melalui dinas pertanian seperti rehabilitasi irigasi, bantuan alisntan dan Jalan Usaha Tani (JUT),” ujarnya.

“Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi para pahlawan pangan yang terus berjuang dalam meningkatkan produktifitas pertanian. Kata Irna, para petani di pandeglang sangatlah produktif dalam pengolahan lahan,” tutupnya.

About admin

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …