Jadi Khotib Jumat, Kapolresta Tangerang Ingatkan Bahaya Hoax

img-20180330-wa0004

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN, Tangerang – Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol H.M. Sabilul Alif menjadi khotib salat Jumat di Mesjid Jami’ Nurul Falah, Desa Budimulya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Jumat (30/3/18). Dalam khutbahnya, Kapolres mengingatkan jemaah untuk menjauhi berita palsu (hoax).

“Belakangan, masyarakat Indonesia khususnya seolah gandrung dengan berita palsu, bohong atau yang kita kenal dengan istilah hoax,” kata Kapolres.

Kapolres melanjutkan, konten berita bohong bisa dengan mudah ditemukan terutama di platform media sosial.

“Berita palsu atau hoax dalam Islam posisinya jelas, yaitu haram,” ujarnya.

Namun, lanjut Kapolres, belum banyak orang yang bersedia melakukan kroscek informasi demi mengetahui apakah informasi yang diterimanya asli atau palsu. Menurutnya, kemalasan klarifikasi (tabayun) itulah yang menyebabkan bibit hoax tersemai dengan pesat.

“Allah tegas memerintahkan kita untuk melakukan kroscek atas informasi atau berita yang kita dapatkan. Perintah Allah untuk meneliti suatu informasi agar kita tidak terkena musibah yang hanya akan membuat kita menyesal,” beber Kapolres.

Menurut Kapolres, hoax amat berpotensi menjadi alat pemecah-belah bangsa. Dengan menyebar sebanyak-banyaknya hoax terutama tentang isu yang sensitif, Kapolres berujar, maka gesekkan antar masyarakat makin panas.

“Silang argumen dan adu cacian pun terjadi. Masyarakat dibuat menjadi saling tidak percaya, antar institusi saling mencurigai, dan target utamanya adalah membuat masyarakat kehilangan kepercayaan dan kepatuhan kepada pemerintah,” tukasnya.

Kapolres mengajak masyarakat untuk berbaik sangka, menjauhi pergunjingan, fitnah, dan kebohongan. Bila hoax dijauhi dan perbuatan baik diperbanyak, kata Kapolres, maka Indonesia akan semakin baik dan bangsa Indonesia akan terjaga dari fitnah, musibah, dan bencana perpecahan.

“Semoga, Allah selalu memberkati dan melindungi kita semua dari bahaya berita bohong dan fitnah,” tandas Kapolres.

…………………………………………………………………….
Kontributor : Humas Polresta Tangerang
Editor           : Rusnata
Publish         : iman

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …