Kapolda Banten Cek Kesiapan Pospam dan Posyan, Dalam Rangka Operasi Ketupat Maung 2024

Cilegon – Dalam rangka Operasi Ketupat Maung 2024, Polda Banten melaksanakan pengecekan kesiapan Posyan, Pospam, peninjauan pelabuhan guna pengamanan arus mudik Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 pada Kamis (04/04).
Kegiatan dipimpin Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim didampingi PJU Polda Banten.
Pengecekan dilakukan dari Pospam dan Posyan Citra Raya Cikupa Kabupaten Tangerang hingga Pospam dan Posyan Simpang JLS Kota Cilegon.
Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut. “Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan dan kelancaran pelayanan kepolisian dalam menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024. Pos Pelayanan Operasi Ketupat Maung 2024 ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat yang melintas di wilayah tersebut.” katanya.
Dalam pengecekan tersebut, Kapolda Banten dan PJU Polda Banten memastikan kesiapan personel serta peralatan yang dibutuhkan selama operasi berlangsung serta mengecek fasilitas yang tersedia, seperti pos pengamanan, posko komando, dan ruang pelayanan untuk masyarakat.
Dalam hal ini Kapolda Banten juga menanggapi pemberitaan di media sosial tentang kepadatan kendaraan yang terjadi. “Menanggapi pemberitaan tentang kemacetan, itu bukan kemacetan tetapi daerah transit kendaraan sebelum memasuki kapal,” kata Abdul Karim.
Abdul Karim mengatakan bahwa Pelabuhan Ciwandan difokuskan untuk kendaraan bermotor. “Untuk mengantisipasi hal tersebut untuk kedepan semua truk yang akan menuju ke pelabuhan Ciwandan kita alihkan semua ke pelabuhan BBJ, agar pelabuhan BBJ fokus melayani kendaraan truk-truk besar dan jika di Pelabuhan BBJ mengalami kepadatan maka akan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan,” ucapnya.
“Pelabuhan Ciwandan diprioritaskan untuk kendaraan bermotor, dan BBJ untuk kendaraan truk besar, dan kendaraan lainnya di Pelabuhan Merak,” tambah Abdul Karim.
Abdul Karim juga mengatakan bahwa tidak terdapat penyekatan dan pengalihan arus. “Untuk kendaraan roda 2 tidak terdapat penyekatan dan peralihan arus semua normal seperti biasa, yang ada hanya tempat transit untuk mengurangi kepadatan di Pelabuhan dan kita buat kantong-kantong parkir mulai dari Cikupa, Balaraja, Cikande dan jalur sepeda motor lainnya,”tegasnya.
Terakhir Abdul Karim menghimbau kepada personel yang bertugas agar melaksanakan tugas sesuai dengan SOP dan selalu memperhatikan kesehatan serta keselamatan dalam bertugas. “Kami juga menghimbau kepada seluruh personel yang bertugas dalam pengamanan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H ini tetap sesuai dengan SOP dan memperhatikan kesehatan juga keselamatan dalam bertugas,” tutup Abdul Karim (Bidhumas).

About admin

Check Also

Polda Banten Gelar KRYD, Berhasil Amankan Puluhan Minuman Keras

Polda Banten melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran Operasi Miras dan Street Crime …