Kapolda Banten Jelaskan Penyebab Kepadatan dan Antrian Menuju Pelabuhan Merak

Cilegon – Dengan adanya kepadatan dan antrian yang terjadi pada Sabtu, 6 April 2024 menuju Pelabuhan Merak, Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim memberikan penjelasan pada saat Doorstop yang yang dihadiri oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan GM ASDP Cabang Merak di Gedung Sosoro Terminal Eksekutif Merak.

Dalam hal ini Kapolda Banten menjelaskan terjadinya kepadatan disebabkan oleh adanya pengantrian bongkaran kapal di Bakauheni. “Penyebab terjadinya kepadatan yang terjadi adalah akibat adanya keterlambatan kapal namun hal tersebut telah cepat teratasi dengan koordinasi yang baik kepada bapak Dirjen perhubungan maupun pihak-pihak terkait sehingga kapal yang tiba di pelabuhan Bakauheni langsung membongkar muatannya kemudian langsung kembali ke pelabuhan Merak tanpa menunggu penumpang dari Bakauheni, hal ini membuktikan bahwa negara hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik di pelabuhan Merak,” jelas Kapolda Banten.

Selain itu Kapolda juga menyampaikan bahwa kenaikan jumlah penumpang telah sesuai prediksi pemerintah. “Pemerintah sudah memperingatkan angka pemudik tahun ini akan naik dibandingkan tahun lalu dan pemerintah juga telah menyarankan agar para pemudik berangkat lebih awal akan tetapi hal tersebut tidak terjadi, sehingga saat ini terjadi kenaikan yang cukup signifikan yaitu 63% dari 18 ribu tahun lalu menjadi 29 ribu ditahun ini menurut data perhari ini,” terang Kapolda.

Kemudian Kapolda menambahkan dengan adanya kenaikan angka pemudik yang tidak dapat diatur dan diprediksi sedangkan ritme ini harus disamakan dengan kapasitas kapal yang bergerak dan jumlah dermaga, sehingga terjadi kepadatan. Dengan adanya kepadatan tersebut maka Polda Banten telah menerapkan delay system untuk mengatur kelancaran kendaraan yang akan memasuki pelabuhan Merak.

Pada kesempatan yang sama Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto mengimbau kepada para pemudik untuk mentaati peraturan berlalu lintas. “Kepada para pemudik harus tetap menjaga kesehatan serta mentaati peraturan berlalu lintas dan mengikuti arahan para petugas agar perjalanan aman dan lancar sampai tujuan,” tutur Kabidhumas Polda Banten.

About admin

Check Also

Polda Banten Gelar KRYD, Berhasil Amankan Puluhan Minuman Keras

Polda Banten melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran Operasi Miras dan Street Crime …