Karo Rena Polda Banten Gelar Rapat Terkait Polsek Harkambtimbas


SERANG – Karorena Kombes Pol. Wingky Adhityo didampingi Kabagstrajemen AKBP Iing Solihin gelar rapat terkait usul saran terhadap Polsek yang tidak melakukan penyidikan atau berfokus pada harkamtibmas saja.

Rapat dilaksanakan pada Kamis (27/1) sekira pukul 08.30 Wib ini mengundang Irbid I Itwasda Polda Banten AKBP Agung Riyanto dan KBO Ditreskrimum AKBP Nuril Huda. Dalam rapat ini membahas bahwa Polsek di jajaran Polda Banten berjumlah 95 Polsek dan yang dikhususkan untuk harkamtibmas baru 8 Polsek atau 8,4%.

Agung Riyanto memberikan usulan dengan mendasari Direktif Kapolri Nomor 1092 tentang kewenangan Polsek tertentu sudah ditentukan dengan kriteria Polsek yang hanya menerima maksimal 10 Laporan Polisi pertahun dan waktu tempuh dari Polsek ke Polres maksimal satu jam dengan kendaraan bermotor.

“Dari Itwasda sudah mengingatkan para Kabagren dan Wakapolres dalam menentukan Polsek hanya untuk Harkamtibmas/ tidak melakukan penyidikan agar dirapatkan terlebih dahulu antara Kapolres dengan Kapolsek dan pejabat terkait,” tutur Agung dalam rapat.

Hal tersebut ditanggapi oleh AKBP Nuril bahwa Ditreskrimum Polda Banten sudah melakukan rapat bersama para Kasat Reskrim jajaran dan memberikan rekomendasi beberapa Polsek yang tidak melakukan penyidikan seperti Polsek Kragilan, Polsek Rangkas Bitung, Polsek Purwakarta dikarenakan lokasi sangat dengan Polres.

“Ditreskrimum Polda Banten sudah menyiapkan SOP kepada Polsek yang tidak melakukan penyidikan tetapi tetap menerima laporan sehingga tidak menyulitkan masyarakat yang akan dilayani” jelas Nuril.

Rapat berlangsung kurang lebih satu jam ini menyimpulkan agar membuat perbandingan antara usulan Polres dan usulan tim pokja sesuai dengan Direktif Kapolri.

“Dalam usulan Tim Pokja nanti, agar masing-masing Polres diusulkan 2 Polsek yang tidak melakukan penyidikan kecuali Polresta Tangerang dikarenakan tingkat kerawanan kriminalitas tinggi dan Ditreskrimum akan melakukan sosialisasi SOP tentang Polsek Harkamtibmas,” tegas Wingky. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …