Pilkada Serentak 2018, Polri Pastikan Jaga Netralitas

 Karo Penmas

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Mohammad Iqbal mengatakan, tugas polisi adalah mengawal demokrasi dengan mengamankan pelaksanaan pilkada.

“Pak Kapolri sudah mengeluarkan surat telegram bahwa yang bersangkutan (Sejumlah Jenderal polisi yang ikut dalam Pilkada 2018) tidak lagi menjabat sebagai pejabat struktural. Yang menjabat sebagai pejabat struktural yang mempunyai kewenangan untuk menggerakan personil kepolisian dan lain lain termasuk fungsional.” Ujar Karo Penmas Div Humas Polri.

Dalam surat telegram mutasi nomor ST/16/I/2018 tertanggal 5 Januari 2018, terdapat sejumlah nama perwira Polri yang akan mencalonkan diri dalam pilkada serentak tahun ini. Beliau adalah Irjen Safaruddin untuk Pilkada Kalimantan Timur, Irjen Anton Charliyan untuk Pilkada Jawa Barat, dan Irjen Murad Ismail untuk Pilkada Maluku. Dalam telegram lain, ada juga nama AKBP Marselis Sarimin yang mengikuti Pilkada Manggarai Timur.

Irjen Pol Safaruddin dimutasi dari posisinya sebagai Kapolda Kalimantan Timur menjadi perwira tinggi Badan Intelijen Keamanan Polri dalam rangka pensiun.

Kapolri menunjuk Brigjen (Pol) Priyo Widyanto sebagai pengganti Safaruddin. Priyo sebelumnya menjabat kapolda Jambi.

Kemudian, Irjen Pol Anton Charliyan yang kini menjabat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri. Posisinya digantikan Irjen Sigit Sudarmanto.

Irjen Pol Murad Ismail yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Korps Brimob Polri dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Brimob Korbrimob Polri.

Posisinya akan digantikan Brigjen (Pol) Rudy Sufahriadi yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Tengah.

Sementara AKBP Marselis Sarimin yang merupakan Kapolres Manggarai dimutasi menjadi perwira menengah Polda NTT.

(tribratanews)

About

Check Also

Tekan Angka Kriminalitas, Polsek Cikulur Polres Lebak Laksanakan Patroli Dialogis.

Lebak. Guna menekan Angka Kriminalitas atau aksi Kejahatan, Polsek Cikulur Polres Lebak Polda Banten Laksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *