Polda Banten Siapkan Pertunjukan Debus Dalam Puncak Hari Bhayangkara ke-76

SERANG – joernalinakor.com – Dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76 yang akan kita laksanakan pada 1 Juli, Polda Banten telah melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan.

Berbagai kegiatan kemanusiaan seperti donor darah pada Selasa (07/06), lomba menembak bersama media pada Jumat (10/06), operasi bibir sumbing pada Senin (13/06), vaksinasi massal pada Jumat (17/06), fun bike pada Minggu (19/06) dan penyaluran bakti sosial pada Senin (20/06). “Menyambut Hari Bhayangkara ke-76 Polda Banten telah melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan,” kata Shinto.

Ada yang menarik dalam puncak Hari Bhayangkara ke-76, Polda Banten akan menggelar kesenian Debus yang dilakukan oleh personel Polda Banten, “Yang menarik dalam puncak perayaan Hari Bhayangkara ke-76 ini, Polda Banten akan mengadakan pentas seni Debus yang merupakan kesenian asli dari Banten dan akan dilakukan oleh personel Polda Banten sebanyak kurang lebih 200 personel,” jelas Shinto.

Debus sendiri merupakan kesenian beladiri masyarakat Sunda Banten. Kesenian ini merupakan pertunjukan kemampuan manusia yang kebal terhadap senjata tajam dll. Kesenian ini berawal pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin dari Banten pada abad ke-16. Pada zaman Ageng Tirtayasa dari Banten, Debus menjadi sebuah alat untuk memompa semangat juang rakyat Banten melawan penjajah Belanda pada masa itu. Kesenian Debus saat ini merupakan kombinasi antara seni tari dan suara.

Shinto mengungkapkan jika pertunjukan seni Debus yang dilakukan personel Polda Banten saat puncak Hari Bhayangkara ke-76 merupakan bentuk kepedulian Polda Banten terhadap kesenian daerah. “Ini merupakan bentuk kepedulian Polda Banten terhadap kesenian beladiri asli Banten yang harus kita jaga dan lestarikan.” ujar Shinto

mengharapkan agar seluruh pihak yang terlibat dalam kepanitiaan menyambut Hari Bhayangkara ke-76 dapat lebih bersinergi dan saling mendukung sehingga kegiatan yang akan berlangsung sesuai dengan harapan, “Saya berharap kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kepanitiaan menyambut hari Bhayangkara ke-76 dapat bersinergi dan saling mendukung sehingga kegiatan berlangsung sesuai harapan.” ujar Shinto.

Untuk mengetahui informasi tentang kegiatan persiapan Hari Bhayangkara ke-76, masyarakat bisa melihat di media sosial Polda Banten, “Untuk masyarakat yang ingin mengetahui update kegiatan Polri dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76, masyarakat bisa melihat diakun media sosial instagram, facebook, twitter, dan tiktok,” jelas Shinto.

Terakhir, Shinto berharap kepada seluruh personel untuk laksanakan selalu tugas Kepolisian dengan baik dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat di tengah situasi pandemi saat ini dan tetap patuhi Protokol Kesehatan. (Abdulrohim).

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …