Tingkatkan Kemampuan, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Banten Gelar Latihan SAR



Serang – Tingkatkan kemampuan Personel, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Banten gelar latihan SAR di Kantor Batalyon B Pelopor pada Selasa (25/01).

Pelatihan SAR di pimpin oleh Danyon B Pelopor Kompol Septiono serta didampingi tim pelatih Sar yang dipimpin Brigadir Gandy.

Sebelum pelaksanaan pelatihan SAR, selaku instruktur dan penyaji materi, Brigadir Gandy memberikan materi kepada personel tentang cara mengangkat korban di dalam air , menurunkan perahu sampai dengan teknik mendayung di perairan.

Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho mengatakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh personel Brimob Polri adalah kemampuan SAR laut.

“Setiap Personel Brimob harus memiliku kemampuan SAR sehingga dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis SAR serta beberapa disiplin ilmu sebagai penunjang/pendukung kegiatan dilapangan sehingga dengan adanya pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan setiap personel,” ujar Dwi Yanto Nugroho.

“Dengan adanya pelatihan ini dapat melatih respon personel saat melakukan penyelamatan yang sesegera mungkin tanpa melupakan faktor keselamatan diri sendiri,” tuturnya.

Saat ditemui dilokasi Danyon B Pelopor Kompol Septiono mengatakan dengan adanya pelatihan setiap personel mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing saat dilapangan.

“Pelatihan ini sebagai cara untuk mensinergikan gerakan pada saat terjadi bencana atau musibah di air dan juga sebagai wujud pembinaan personel dalam membekali kemampuan perorangan maupun satuan dalam mendukung tugas di lapangan serta untuk membentuk mental personel apabila dibutuhkan untuk bergerak di pada saat terjadi bencana banjir dan pencarian korban di perairan,” kata Kompol Septiono.

Kompol Septiono juga mengatakan jika latihan SAR ini sangat membutuhkan kesiapan fisik yang prima dan dilandasi dengan profesionalisme, semangat serta kesungguhan dalam melaksanakan latihan sehingga pelaksanaan latihan dapat dicapai dengan optimal.

“Teknik penyelamatan yang baik tidak hanya mempermudah penolong dalam melakukan penyelamatan, namun juga dapat menjamin keselamatan si penolong itu sendiri,” tutupnya. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …