Tingkatkan SDM Unggul, Ditsamapta Polda Banten, Latih Peningkatan Kemampuan Personel

whatsapp-image-2020-03-11-at-12-02-41

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN, Banten – Menghadapi pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 serta guna mewujudkan pelayanan pengamanan kepada masyarakat, Direktorat Samapta Polda Banten melatih serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) anggotanya. Salah satu bentuk peningkatan SDM adalah latihan formasi latihan pengendalian massa (Dalmas). Rabu (11/03/2020), pukul 07.45 Wib bertempat di Lapangan Merah Polda Banten.

Kegiatan latihan formasi dalmas diikuti oleh seluruh personel Samapta Polda Banten, latihan formasi Dalmas dipimpin langsung Kabag binopsnal Samapta Polda Banten AKBP Yahya Atmaja di damping Kompol Abdul Mufahir Kasubag Renmin Samapta Polda Banten, Kompol Heri Fitriyono Kasubdit Dalmas Samapta Polda Banten dan Kompol H Masbah SH Kasi Nego Samapta Polda Banten.

Puluhan personel Samapta melakukan latihan teknik formasi pengendalian massa. Sebelum melakukan latihan, puluhan personel dilatih fisik terlebih dahulu, yakni dengan berlari mengelilingi lapangan. Setelah berkeringat, anggotanya mulai berbaris. Mereka melaksanakan latihan teknik formasi dalmas dengan kompak.

Wadir Samapta Polda Banten AKBP Achmadi SIk, melalui Kabag binopsnal Samapta Polda Banten AKBP Yahya Atmaja mengatakan, latihan dalmas tersebut diikuti semua personel Direktorat Samapta. Latihan itu merupakan kegiatan rutin sesuai waktu yang ditentukan dan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan Bahwa pelaksanaan latihan tersebut selaras dengan penjabaran dari Program Prioritas Bapak Kapolri, Yaitu Meningkatkan SDM yang Unggul. Selain Unggul, Pelatihan ini sekaligus untuk me-refresh serta melatih kemampuan agar anggotanya semakin profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan. “Anggota sudah memiliki gambaran apa yang akan dilakukan jika menghalau massa dan kemungkinan terburuk terjadi tidak bentrok massa, yang di lakukan secara terukur dan sesuai tahapan tahapan tindakan berdasarkan ancaman yang di hadapi, jelas Edy Sumardi.

“Dengan kegiatan pelatihan formasi dalmas tersebut, maka masing-masing personel kekuatan fisiknya terus terjaga dengan baik. Lebih dari itu, dengan seringnya dilaksanakan latihan, maka personel akan mudah dan lancar untuk melakukan pengamanan terhadap massa yang melakukan aksi unjuk rasa.”lanjut Edy sumardi.

“Personel juga dipersiapkan untuk menghadapi demonstrasi yang menerjunkan massa dalam jumlah besar, serta mengantisipasi terjadinya anarkis. Sehingga dengan banyak latihan, para personel akan mudah menghalau massa dan menghadapi masa peserta unjuk rasa. “Kita terus memperdalam teknik formasi dalmas agar anggota di lapangan lebih mahir. Sehingga menjadi personel yang terlatih, tangguh dan bertanggung jawab dalam menjalani tugas pengamanan unjuk rasa, dengan tetap mengedepankan Sisi Humanis sebagai pelayan masyarakat ”tutupnya.

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …