BOM MILITER DDIAMANKAN DETASEMEN GEGANA SATBRIMOB POLDA BANTEN

page

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – Wilayah Provinsi Banten yang merupakan suatu tempat yang memiliki nilai  Historis sebagai tempat perjuangan dari Penjajahan Kolonialisme Belanda dan Jepang pada Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2. Perairan Provinsi Banten juga merupakan sebagai tempat Persinggahan bahkan Gate ( Pintu Gerbang ) Kapal – Kapal Perang negara asing yang akan ikut berperang pada Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2. Sekarang ini membuat Provinsi Banten merupakan suatu area yang memiliki tingkat kerawanan yang tinggi dalam adanya penemuan Bom – Bom Militer yang ditemukan oleh masyarakat di Sepanjang Pantai perairan Provinsi Banten. Dalam 1 Tahun ini terdapat 4 – 5  kasus yang terjadi  Penemuan Bom Militer Peninggalan Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2 di Wilayah Provinsi Banten dan sebagian besar penemuan Bom militer terjadi di Pinggiran pantai Perairan Provinsi Banten.

Tanggal 16 Juli 2017 merupakan salah satu contoh kembali terjadinya penemuan Bom militer di Wilayah Hukum Pulo Ampel dan Wilayah Hukum Polsek Waringin Kurung. Anggota Detasemen Gegana berhasil mengamankan Temuan Bom Militer di 2 Tempat tersebut. Bom tersebut berjenis Proyektil MBT ( Main Battle Tank ) dengan Diameter 15 Cm, Panjang 60 Cm dengan Berat ± 30 Kg. Berdasarkan keterangan Masyarakat yang menemukan,  mayarakat menganggap bahwa Bom Militer tersebut merupakan Besi rongsok yang akan di jual ke Lapak Besi rongsok.

Namun karena Masyarakat sangat ragu dengan bentuknya yang seperti Bom maka mereka melaporkannya kepada Pihak Kepolisian. Ini merupakan suatu permasalahan yang harus sama – sama terpikirkan karena masyarakat pada umumnya belum mengetahui Jenis Bom dan dampak yang dapat diakibatkan dengan meledaknya Bom. Dengan harus diadakanya penyuluhan atau Sosialisasi kepada Para Pelapak Besi dan masyarakat terkait Jenis Bom sehingga apabila menemukan benda yang seperti Bom dan Mereka ragu dapat dilaporkan kepada Pihak Kepolisian.

Penulis : Satbrimobda Banten
Editor   : P Winoto
Publish : Irwan Nova. A

About

Check Also

Kunjungan Kerja Wakil Menteri BUMN ke Cilegon, Personil Sat Brimob Polda Banten Detasemen Gegana Lakukan Sterilisasi

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN, Cilegon – Dalam rangka kunjungan Wakil Menteri I Kementerian BUMN RI Budi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *