Kabidhumas Polda Banten Sampaikan 6 Arahan Kapolri Terkait Virus Corona untuk Anggota Polri

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN, Serang – Kabid humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata menyampaikan bahwa Kapolri Jenderal Idham Azis, melalui Asisten Kapolri Bidang SDM (As SDM) Irjen Eko Indra Heri, menerbitkan surat telegram terkait virus Corona COVID-19. Surat tersebut berisi enam arahan kepada seluruh anggota Polri.

Surat telegram itu diterbitkan Jumat (13/3/2020). Surat ini bernomor ST/868/III/KEP/2020.

Kabid humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata menyebut arahan ini merupakan langkah preventif Polri. Untuk preventif

Berikut arahan yang tertuang dalam surat telegram

  1. Menyediakan alat pengukur suhu tubuh di setiap pintu masuk gedung/kantor dan melakukan pengecekan suhu tubuh setiap orang yang masuk serta berkoordinasi dengan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat bila ditemukan adanya orang yang dicurigai (suspect) terpapar virus Corona.

2.Menyediakan cairan antiseptik (hand sanitizer/sabun cuci tangan) dan mewajibkan setiap anggota secara berkala mencuci tangannya.

  1. Selalu menggunakan penutup mulut terutama saat batuk maupun bersin dan segera buang ke tempat sampah, membersihkan barang-barang yang sering tersentuh banyak orang/rentan terkontaminasi.
  2. Membiasakan atau menjadikan protap dalam memberi/menerima salam tidak melakukan kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, cium pipi kanan-kiri, dan bentuk kontak fisik lainnya. Sebagai contoh salaman yang dianjurkan tanpa kontak fisik salam dengan menyatukan telapak tangan di depan dada, salam dengan menyentuh dada kiri dengan tangan kanan, hormat sesuai pud.
  3. Agar satker atau satwil menyiapkan rencana kontingensi dalam mengantisipasi perkembangan penyebaran virus COVID-19 dan melakukan pelatihan berdasarkan protokol WHO.
  4. Melaporkan kegiatan kepada Kapolri, UP As SDM, dan untuk percepatan proses pelaporan dapat dikirim melalui alamat email Bagbinjas bagbinjasrowatpers.ssdm@polri.go.id.

Edy mengatakan Di Polda Banten, Personel Polda Banten dan Jajaran polres Serta Polsek melakukan kegiatan bersih-bersih mako, fasilitas umum untuk pencegahan wabah virus Covid-19.

“Kerja bakti dan sosialisasi hidup sehat tersebut di lakukan sebagai upaya untuk mencegah munculnya penyakit menular seperti contoh mencegah adanya Virus Covid-19 atau biasa kita dengar sebagai virus Covid-19, selain kita membersihkan lingkungan kita pun harus melakukan gaya hidup sehat dengan cara melakukan olahraga, selektif dalam memilih makanan, cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, istirahat (tidur) teratur,” jelas Kombes Pol Edy Sumardi, Minggu (15/3/2020) Siang.

About

Check Also

Instruksi Kapolri ke Jajaran: Pendampingan Anggaran Covid-19 dan Pastikan Bansos Tepat Sasaran

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk melakukan pendampingan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *