Kapolri : Sekarang Ada Fenomena Leaderless Teror

4b5d0d9b-8d0a-4078-ae6f-bfbfadecceb9_169

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN - Jakarta, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan ada tren baru dalam dunia terorisme selain lone wolf. Lone wolf sendiri adalah istilah melakukan penyerangan seorang diri. Selain lone wolf, ada tren baru yang disebut leaderless jihad.

“Sekarang ada juga namanya fenomena leaderless jihad atau jihad tanpa pemimpin. Dia tidak terkait dengan network (jaringan),” kata Tito di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (4/7/2017).

Pelaku leaderless jihad itu diduga membuka website radikal, lalu terinspirasi konten di dalamnya, kemudian bergabung dalam percakapan dengan kelompok radikal tersebut. Setelah itu, pelaku bergerak sendiri, mulai dari belajar merakit, menentukan target, hingga membuat metode penyerangan.

“Ikut internet chatting kelompok telegram yang radikal, terpengaruh, belajar sendiri cara mengatur serangan, survei sendiri, dan kemudian melakukan serangan yang dia pilih sendiri,” ucap Tito.

Sumber : detik.com
Editor   : P Winoto
Publish : iman

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …