Perangi Penyakit Difteri, Puskesmas Ciruas Libatkan Polsek Ciruas Untuk Sosialisasikan Di Desa – Desa

img-20171217-wa0103

TRIBRATANEWS POLDA BANTEN – Serang, Puskesmas ciruas Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang, mengadakan sosialisasi penyakit Difteri, Jumat (15/12/2017).

Sosialisasi tersebut dihadiri KA Puskesmas, Kanit Sabhara Polsek Ciruas, Anggota Koramil Ciruas, Staff Kecamatan Ciruas, Kepala Desa/mewakili, UPT Pendidikan, Para Kader Pos Yandu dan Masyarakat Ciruas.

Kepala Puskesmas Ciruas Dr Hendi Fitriyadi Zulkarnain menyampaikan, penyakit difteri disebabkan bakteri yang dilakukan prilaku manusia yang tidak menjaga kesehatan seperti menjaga kebersihan.

“Penyakit difteri ini bisa dicegah dengan Outbreak Respon Imunisasi (ORI). Mudah-mudahan dengan sosialisasi ini masyarakat bisa mengetahui gejala penyakit difteri dan pencegahannya,” paparnya.

Dr Hendi Fitriyadi Zulkarnain menambahkan, penyakit KLB difteri yang sudah mewabah di suluruh Indonesia termasuk di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang disebabkan dari bakteri Carinebaktirium Diphtheriae yang menyebabkan gejala deman suhu lebih kurang 38c tenggorokan merah.

“Penyakit difteri juga bisa melumpuhkan otot jantung sampai kematian, faktor risiko akumulasi kelompok rentan yang tidak mendapat imunisasi secara lengkap,” Ujar Kepala Puskesmas Ciruas.

Pihaknya juga meminta kepada semua pihak, terutama Polsek Ciruas dan Koramil Ciruas agar dapat berperan aktif melakukan pemantauan hingga ke tingkat desa. Menurutnya, para pegawai Puskesmas saat ini sangat membutuhkan bantuan.

“Semua sektor harus terlibat, terutama TNI Polri, Ketika ada warga yang tidak mau divaksin, tolong diberikan pemahaman. Teman-teman di Puskesmas tidak bisa berjalan sendiri, harus dibantu oleh TNI Polri,” tutup Hendi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Humas Polsek Ciruas

About

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …