Pemeriksaan Tes Psikologi Seleksi SIPSS Tahun 2017, Polda Banten Tersisa Hanya 3 Peserta

img-20170306-wa0004

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – Seleksi Penerimaan Panitia Daerah Polda Banten Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun 2017 menyisakan 3 dari 10 peserta yang dapat mengikuti rangkaian seleksi selanjutnya. Setelah pagi tadi dilaksanakan pemeriksaan psikologi yang dilaksanakan di Rupatama Mapolda Banten, Senin (06/03).

Karo SDM Polda Banten Kombes Pol Andi Syahriful Taufik mengatakan, ke-3 peserta diantaranya adalah seorang perempuan lulusan dibidang kedokteran. Persentase kelulusan pemeriksaan psikologi adalah 70 persen dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 33.

“Peserta yang masih bertahan ini mudah-mudahan lolos seleksi sampai ke panitia pusat Mabes Polri,” ujar Kombes Pol Andi Syahriful Taufik usai membacakan hasil pemeriksaan tes psikologi.

Sementara itu, Kabag Psikologi Biro SDM Polda Banten Kompol Ahli Rumekso sebagai ketua tim menerangkan bahwa pelaksanaan pemeriksaan psikologi bertujuan untuk mengukur potensi dari sisi psikologis peserta berupa tes kecerdasan, kepribadian, dan sikap kerja.

“itu yang bisa memprediksi dari keberhasilan tugasnya nanti ketika peserta sudah menjadi anggota Polisi. Dia mampu menjalankan tugas-tugas-tugas kepolisian dari potensi yang sudah dimiliki,” terang Kompol Ahli Rumekso.

Ia menambahkan bahwa, mulai tahun 2007 lalu tes psikologi dilaksanakan secara transparan. Hal ini dibuktikan dengan jalannya proses pemeriksaan psikologi dari mulai penggandaan soalnya saja dilakukan di tempat dan waktu yang sama dengan disaksikan seluruh peserta dan pengawas internal maupun external.

“Prinsipnya one day service, maksudnya penggandaan, penghancuran soal sampai hasil atau nilainya diumumkan hari itu juga,” katanya.

Lanjutnya, untuk kunci jawabannya yang tersimpan dalam sebuah CD yang harus meminta password terlebih dahulu kepada panitia pusat Mabes Polri. Password didapatkan setelah panitia daerah mengirimkan data kasat melalui email sebagai kontrol Mabes Polri dalam pengolahan data dari daerah.

About

Check Also

Akibat Kecelakaan Beruntun di Tol Tangerang – Merak, 1 Orang Meninggal Dunia

Serang – Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo membenarkan telah terjadi kecelakaan lalu lintas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *