Bangun Zona Integritas, Polres Serang Terus Tingkatkan Pelayanan Publik Berbasis IT Kepada Masyarakat

photo_2017-12-05_12-03-28

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN - Kepolisian Resort Serang terus meneguhkan semangat dan komitmen seluruh jajarannya dalam mewujudkan reformasi birokrasi khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Dengan pembangunan zona integritas bukan hanya dilaksanakan sebagai amanat dan sesuai dengan rencana strategis penanggulangan korupsi yang dapat mencegah terjadinya perilaku koruptif di instansi Polri khususnya Polres Serang.

Pembangunan zona integritas menandai dimulainya gerakan masif memerangi korupsi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih di wilayah Hukum Polres Serang, Hal ini diungkapkan Kapolres Serang AKBP Wibowo, S.I.K, M.Hum pada saat mengumpulkan Kelompok Kerja Unit Pembangun Integritas Polres Serang di Aula II Mapolres Serang, (05/12), Siang tadi.

Kapolres Serang mengatakan bahwa, ” salah satu upaya pencegahan tindak pidana korupsi adalah  dengan cara mewujudkan zona / wilayah bebas dari korupsi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM Lingkungan Istansi Pemerintah”.

” Kepolisian Resor Serang juga telah mempersiapkan beberapa peraturan pendukung yaitu, Pelayanan Laporan Sistem Online Pembuatan SKCK Online dan Peraturan tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Masyarakat, Peraturan tentang Penyelenggaraan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM “.

” Disamping telah mengeluarkan beberapa Program yang berbasis TI (tekhnologi Informasi) / Online dan juga aplikasi berbasis android yang bernama Puma’s Polres Serang yang mana isi dari aplikasi tersebut mencakup, SKCK Online, Sosial Media Polres Serang (berita seputar kegiatan Polres Serang), Tracking Pembuatan/Perpanjangan Sim (Surat ijin Mengemudi), layanan Remedial SIM bagi pemohon yang gagal dalam ujian teori dan praktek sehingga bisa mengikuti kelas bimbingan yang disediakan oleh Satpas Polres Serang Secara gratis, SPKT online dan Layanan call centre bantuan polisi 110 (gratis) yang disediakan untuk masyarakat yang memerlukan bantuan Kepolisian” , Ujar Kapolres Serang.

Untuk menuju terbentuknya wilayah bebas dari korupsi, maka terlebih dahulu perlu dibangun zona integritas di lingkungan unit kerja/Satuan dan Fungsi. Zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Predikat tersebut diperoleh melalui beberapa tahapan dalam pembangunan zona integritas.

Kapolres Serang menyatakan bahwa pihaknya pasti mampu untuk membuat Polres Serang menyandang Predikat Zona Integritas, menurutnya hal ini didasari dari kegigihan dan kerja keras personil Polres Serang yang ditunjukan dalam hal membenahi sistem pelayanan, memaksimalkan kinerja dan membuat terobosan / inovasi dalam menyajikan pelayanan kepada masyarakat secara bersama – sama dan optimal, dengan kesiapan unit kerja satuan dan Fungsi maupun Polsek jajaran Polres Serang pihaknya Optimis bahwa Polres Serang bisa meraih predikat Zona Integritas”, tutup AKBP Wibowo.

Kontributor : Humas Polres Serang

Editor : Muridi

Publish : Irwan Nova. A

About

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …