Brigjen Pol Drs Ahmad Dofiri : Banten Memiliki Seribu Kyai dan Sejuta Santri

img_1666

tribratanewsbanten.com – Kepala Kepolisian Daerah Banten, Brigadir Jenderal Polisi Drs Ahmad Dofiri MSI, menerima kunjungan rombongan dari Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Drs Agus Rianto di Polda Banten, Senin (01/08).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Banten menjelaskan karakteristik Banten yang memilik seribu kyai dan sejuta santri yang memiki akan pemahaman akan ilmu agama yang kuat dan toleransi antar umat beragama.

“Banten merupakan percontohan akan toleransi umat beragama yang sudah berjalan dan terjalin sejak lama sampai sekarang. Alhamdulillah masih terjaga,” kata Kapolda Banten.

Kapolda Banten menambahkan terkait dengan faham radikal, mengacu kepada program Kapolri, yaitu program Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya). Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut dengan menggelar anggota di setiap Polsek untuk menjalin komunikasi dan berdialog dengan masyarakat,

“Dengan cara dialog dan deteksi dini bisa mendapatkan hasil, dan hampir setiap seminggu tiga kali kami mendapatkan undangan, mulai dari dzikir akbar, pengajian, wisuda santri dan sampai acara besar keagamaan. Kesempatan seperti itu adalah sarana yang baik untuk menjalin komunikasi dengan para tokoh dan para santri,” terang Kapolda.

Tidak hanya menunggu diundang, sistem jemput bola pun dilakuakan dengan cara mengunjungi pondok-pondok pesantren sebagai sarana bertukar informasi. Dalam kesempatan itu pula menjadi sebuah kesempatan untuk menyampaikan akan pemahaman ajaranajaran ilmu keagamaan.

“Kesempatan itu juga bisa mengetahui keberadaan para santri, karena santri rentan untuk dipengaruhi. Jangan sampai para santri dengan ilmu keagamaanya, dirusak oleh sekelompok orang yang memanfaatkan kondisi itu. Untuk itu kami selalu berkordinasi dengan steakholder terkait,” tutup Kapolda Banten.

About

Check Also

Ditreskrimsus Polda Banten Amankan Pelaku Tindak Pidana Perikanan

CILEGON – Ditreskrimsus Polda Banten amankan pelaku tindak pidana perikanan di kawasan pelabuhan ASDP Merak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *