Cegah Gukamhut, Ditbinmas Bersama Perhutani Banten Lakukan Patroli Hutan


Lebak – Dalam rangka mengantisipasi meningkatnya Gangguan Keamanan Hutan (Gukamhut), personel Ditbinmas Polda Banten bekerja sama dengan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banten, melakukan kegiatan patroli gabungan di lokasi petak 32 G dan petak 33 B di Panyaungan Kecamatan Cihara Kabupaten pada Rabu (16/03).

Hadir dalam kegiatan Wakil Administratur Utama KKPH Banten, Pabin Polhutmob dan Asper BKPH Bayah Kabupaten Lebak.

Kompol Suratman selaku personel Ditbinmas yang BKO di Perum Perhutani KPH Banten menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya pencegahan atau preventif terhadap terjadinya Gukamhut, seperti galian pasir dan galian batu bara ilegal.

“Gangguan keamanan hutan itu harus diantisipasi sedini mungkin, salah satunya dengan patroli gabungan, serta melalui Komunikasi Sosial dengan mengajak masyarakat untuk ikut menjaga, melestarikan, dan mengamankan hutan,” pungkas Suratman.

“Menjaga kelestarian hutan bukan hanya kewajiban Perhutani saja, tetapi dengan adanya kegiatan patroli ini, kami mengajak serta berharap kesadaran dari masyarakat desa hutan, stakeholder, dan lembaga terkait lainnya untuk bersama-sama menjaga kawasan hutan dari terjadinya Gukamhut,” ucap Suratman.

Selain itu, dalam patroli ini juga dipasang plang himbauan larangan aktivitas illegal mining. (Bidhumas).

About admin _

Check Also

Polda Banten Gelar KRYD, Berhasil Amankan Puluhan Minuman Keras

Serang – Polda Banten melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran Operasi Miras dan …