Kabidhumas Polda Banten : H+3 Lebaran, Ini Situasi Mobilitas di Pelabuhan Merak


Serang – Memasuki hari ke tiga pasca Idul Fitri pada 2 Mei 2022 lalu, situasi arus Balik di Pelabuhan Merak telah mengalami kenaikan “Sesuai data dari Biroops Polda Banten, pada Rabu (04/05) terdapat 8.914 kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Merak pada Selasa (04/05) lalu, terdapat peningkatan 6.130 kendaraan atau 68,7% mencapai 15.044 kendaraa yaitu mobil pribadi sebanyak 9.309 unit dan motor 4.936 unit,” kata Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol. Shinto Silitonga.

Dengan adanya peningkatan arus balik keadaan Pelabuhan merak masih terpantau sepi. “Dari hasil pemantauan petugas dilapangan untuk kantong parkir baik dari dermaga satu sampai dermaga enam tidak terjadi penumpukan kendaraan dimana seluruh kendaraan yang turun dari kapal bisa langsung keluar menuju arah Jakarta baik menggunakan jalur tol merak maupun jalur arteri,” ujar Kabid Humas.

“Untuk arus lalulintas di Jalan Tol maupun jalur menuju tol Merak -Tangerang baik dari jalan raya Cikuasa Atas maupun jalur Merak menuju Simpang Gerem terpantau lancar  sehingga dapat memudahkan pemudik untuk kembali kearah jakarta melalui jalir Tol,” tambah Shinto Silitonga.

Terakhir, Shinto menginformasikan bahwa jalur Tol Merak-Jakarta memiliki 2 rest area yang dapat dimanfaatkan oleh pengendara yaitu Rest Area Km 68 dan Km 45. Tiap rest area mampu menampung sekitar 100-150 unit mobil pribadi dan 100-120 unit truk, dapat dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak jika pengendara dalam kondisi lelah. “Dengan berorientasi pada keselamatan pengendara, silahkan rest area dapat digunakan untuk berisitrahat sejenak, maksimal 1 jam beristirahat dihimbau pengendara untuk melaju kembali sehingga rest area dapat digunakan bergantian dengan pengendara lainnya,” himbau Shinto.

Dinamika informasi tentang kondisi jalur lalu lintas arus balik dapat diakses di command centre 110 Polda Banten dan platform media sosial yang dikelola Polda Banten yaitu Instagram : humaspoldabanten, Facebook : Polda Banten, Twitter : @_poldabanten, Tiktok : poldabanten, Youtube : Polda Banten. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …