Pantau Arus Balik, Kabid Humas Polda Banten Bersama Kapolresta Serang Kota Tinjau Rest Area KM 68 Tol Merak-Cikupa


Serang-Dalam rangka memantau situasi arus balik, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga bersama Kapolresta Serang Kota AKBP Maruli Ahiles Hutapea meninjau langsung rest area Km 68 Tol Merak-Cikupa pada Kamis sore (05/05).

Dalam kegiatan ini Kabid Humas juga mengecek langsung kesiapan Pospam Rest Area Km 68 dalam melayani para pemudik yang kembali dari kampung halaman pasca libur Lebaran.

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas membenarkan kegiatan peninjauan ini, “Hari ini saya bersama Kapolresta Serang Kota meninjau langsung kondisi Rest Area Km Km 68 dan memantau langsung situasi arus balik. Seperti yang terlihat kasat mata, terjadi peningkatan frekwensi kunjungan pemudik di rest area, baik untuk istirahat maupun untuk belanja dan kepentingan lainnya. Jika kapasitas rest penuh, maka akan dilakukan buka tutup akses masuk sehingga tidak berdampak munculnya penyempitan jalur pada jalan tol, dan menghimbau agar pengendara maksimal istirahat 1 jam untuk kemudian lanjutkan perjalanan,” ujar Shinto.

Polda Banten menerapkan 3 skenario dalam pelayanan arus balik, sama seperti pelayanan arus mudik yaitu pada saat situasi normal atau hijau, situasi padat atau kuning hingga situasi macet total berkepanjangan atau merah. “Pada situasi kuning, rekayasa lalin diarahkan pada contra flow dengan memberdayakan 2 lajur jalan tol arah merak untuk digunakan pengendara arus balik arah Jakarta,” jelas Shinto.

Khusus untuk menghadapi situasi merah, Polda Banten akan mengalihkan arus lalin menuju GT Cikupa ke gerbang tol sebelumnya, baik di Balaraja Timur, Balaraja Barat juga gerbang tol lainnya sesuai kebutuhan, kendaraan dialihkan ke jalur arteri.

Selanjutnya untuk mengurai kepadatan kendaraan di pintu Tol Merak dan Tol Cikupa saat puncak arus balik yang diprediksi Jumat (06/05) hingga Minggu (08/05), Polda Banten sudah berkoordinasi dengan pihak pengelola tol untuk menambah petugas tol yang dapat jemput bola untuk melakukan tap kartu tol kendaraan yang mengantri. “Dengan demikian diharapkan pelayanan pembayaran online di gerbang tol berjalan lebih cepat sehigga kepadatan lebih cepat terurai,” tambah Shinto.

Sementara itu, Kapolresta Serang Kota mengatakan jika Pospam Rest Area Km 68 siap melayani para pemudik pada arus balik. “Untuk melayani pemudik selama arus balik, Polresta Serang Kota telah menyiagakan sebanyak 289 personel. Untuk Pospam Rest Area Km 68 sendiri disiapkan 17 personel Polri bersama 2 personel TNI, 2 personel Dishub dan 3 personel tenaga kesehatan dari Puskesmas Banjar Agung yang selalu siap 24 jam melayani pemudik,” kata Maruli.

Maruli mengungkapkan jika rest area Km 68 dapat menampung parkir mobil pribadi sebanyak 150 kendaraan dan bus atau truk sebanyak 120 kendaraan. “Untuk pemudik dapat memanfaatkan fasilitas yang kami sediakan di rest area, namun jika mengingat banyaknya pengemudi yang juga ingin memanfaatkan layanan rest area, kami meminta agar pemudik dapat bergantian istirahat, maksimal 1 jam agar pengemudi dapat melanjutkan perjalanannya kembali agar tidak terjadi penumpukan kendadaan di rest area,” tuturnya

Kemudian Kabid Humas Polda Banten menghimbau kepada pemudik jika sudah merasa lelah atau kurang fit agar segera beristirahat di rest area yang disediakan. “Kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak sungkan untuk datang ke Pospam dan Posyan untuk sekedar beristirahat maupun melaksanakan vaksinasi dan mengecek kesehatan sehingga perjalan arus mudik berjalan lancar,” kata Shinto.

Terakhir Shinto mengatakan apabila pengemudi mendapatkan hambatan saat mudik dapat menghubungi Call Center 110 atau update informasi arus mudik terkini di media sosial Bidhumas Polda Banten. Instagram : humaspoldabanten, Facebook : Polda Banten, Twitter : @_poldabanten, Tiktok : poldabanten, Youtube : Polda Banten. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …