SATUAN BRIMOB POLDA BANTEN MELAKSANAKAN PATROLI SIAGA BENCANA

siaga-bencana

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja oleh karena itu perlu langkah – langkah antisipatif dan terobosan kreatif dan inovatif dalam mengantisipasi terjadinya bencana, untuk mengantisipasi terjadinya bencana di wilayah hukum Polda Banten Kepala Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol. Gatot Mangkurat PPJ, S.I.K  melaksanakan Trobosan Kreatif berupa Patroli Siaga Bencana, kegiatan ini merupakan langkah jemput bola dalam bidang siaga bencana, Patroli Siaga Bencana ini rutin dilaksanakan oleh Satuan Brimob Polda Banten. Apabila cuaca buruk yang memungkinkan terjadinya bencana alam maka Patroli Siaga Bencana akan lebih intens dilaksanakan . Cara bertindak dari Tim Patroli Siaga Bencana yang terdiri dari 1 SSR yaitu dengan mendatangi lokasi – lokasi yang rawan terjadi bencana serta mengumpulkan informasi terkait bencana dari instansi terkait lainnya serta dari masyarakat yang ditemui di lokasi, disamping melaksanakan Patroli Siaga Bencana Tim juga  melaksanakan Patroli Kepolisian pada umumnya seperti apabila dalam perjalanan menemukan hal – hal yang memerlukan bantuan dan tindakan kepolisian, maka anggota Satuan Brimob Polda Banten siap membantu masyarakat yang memerlukan bantuan.

Patroli Siaga Bencana pada minggu ke Tiga bulan September 2016 dilaksanakan ke Bendungan Pamarayan mengingat akhir – akhir ini sering turun hujan deras serta Bendungan Pamarayan merupakan Bendungan penampung Debit Air dari beberapa sungai besar diwilayah Banten yang apabila Airnya meluap maka akan membanjiri wilayah Vital di Provinsi Banten seperti Jalan Tol Tangerang – Merak dan wilayah lainnya.

 

About

Check Also

Penyidik Unit Harda Satreskrim Polres Serang Limpahkan Perkara Kekejari Serang

Penyidik Unit Harta Benda (Harda) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Serang melimpahkan tersangka berikut barang …