Sempat Menolak di Makamkan Gunakan Protokol Covid-19, Pihak Keluarga Akhirnya Apresiasi Muspika Tigaraksa

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN,TANGERANG – Salah satu pasien yang berstatus PDP di Tigaraksa meninggal dunia, Muspika Kecamatan Tigaraksa melakukan pemakaman menggunakan protokol Covid-19.

Camat Tigaraksa Rahyuni yang didampingi oleh Kapolsek Tigaraksa Kompol David Candra Babega dan Danramil 06/Tigaraksa Kapten Arh Peristiwa Sihotang mengatakan pada tanggal 17 April 2020 salah satu warganya meninggal dunia dengan status PDP Covid-19.

“Dapat informasi dari rumah sakit Metro Hospital bahwa ada warga kami dengan nama ibu S dengan usia 71 tahun yang telah meninggal. Dan pada saat masuk ke rumah sakit Metro Hospital ada keluhan sesak nafas juga, karena sesak nafas merupakan salah satu indikasi dari adanya virus Covid-19 maka pada tanggal 16 April 2020 tersebut almarhum dinyatakan PDP”, katanya. Selasa (21/04/2020).

Rahyuni menambahkan bahwa pasien yang meninggal dengan status PDP akan menggunakan protokol Covid-19 dalam pemakamannya.

Awalnya pihak keluarga menolak Menggunakan protokol Covid-19 dalam pemakaman dikarenakan hasil tes nya belum keluar, Lalu Muspika Kecamatan Tigaraksa melakukan penjelasan kepada pihak keluarga.

“Dan awalnya keluarga yang bersangkutan tidak mau dilaksanakan pemakaman menggunakan Protokol Covid-19, karena memang hasil tes belum keluar. Akan tetapi karena pihak Dinas Kesehatan menyatakan bahwa sudah masuk PDP dengan gejala bercak paru-paru maupun juga sesak nafas, kami atas nama Muspika menjelaskan kepada keluarganya dan mengedukasi kepada keluarganya agar mau menerima dan juga menjelaskan bagaimana protokol terhadap jenazah yang sudah dinyatakan PDP”, jelasnya.

“Alhamdulillah secara maraton walaupun waktu itu kami malam-malam bersama Danramil dan Pak Kapolsek mengedukasi warga, dan Alhamdulillah esok hari nya keluarga menerima untuk jenazah tersebut dimakamkan secara protokol Covid-19”, tambah Rahyuni Camat Tigaraksa.

Setelah mendapatkan pemahaman dari Muspika Tigaraksa, pihak keluarga dan masyarakat mulai memahami dan berterima kasih kepada Muspika Tigaraksa terkait penjelasan yang diberikan.

Selanjutnya, terkait pandemi covid-19 ini, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Menanggapi bahwa sangat mengapresiasi yang di lakukan oleh Muspika Tigaraksa.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Muspika Tigaraksa terkait mengedukasi masyarakatnya dan saya mengajak masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat dan menerapkan Phycsical Distancing”, ajak Edy Sumardi.

“Buat masyarakat saya himbau agar selalu menjaga kesehatan, selalu menggunakan masker ketika keluar rumah dan rajin mencuci tangan dengan sabun. Dan juga selalu menerapkan Phycsical Distancing atau jaga jarak dengan orang, jauhi keramaian, semua itu kita lakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 ini, dan alangkah baiknya juga masyarakat selalu dirumah aja”, lanjut Edy Sumardi.

About

Check Also

Dinilai Publik Positif, Ini yang Ada di Benak Publik Saat Mendengar Kata Polisi

Cyrus Network dalam laporan hasil surveinya menyebutkan opini publik terhadap institusi Polri cenderung positif. Direktur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *