Silaturahmi Kebhinekaan Pembauran Kebangsaan Tingkat Kabupaten Tangerang

img_2916

 

 

 

 

 

 

TRIBRATANEWS POLDA BANTEN – Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Kantor Bangsa dan Politik Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Silaturahmi Kebhinekaan Pembauran Kebangsaan Tingkat Kabupaten Tangerang. Dalam acara tersebut dihadiri 500 peserta undangan yang dilaksanakan di GSG Pusat Pemerintah Kabupaten Tangerang. Selasa, (04/04).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Tangerang, Kapolres Kota Tangerang, Kapolres Tangersang Selatan, Dandim 0506, Kasrem Wijaya Krama 052, perwakilan Polres Metro Tangerang, Ketua MUI Kabupaten Tangerang, serta perwakilan masing-masing kelompok maupun suku bangsa.

Dalam sambutannya Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menyampaikan, Dalam era reformasi dan globalisasi yang saat ini terus bergulir, pemantapan wawasan kebangsaan adalah hal mutlak yang harus menjadi perhatian semua elemen bangsa. Memudarnya wawasan kebangsaan akan menjadi kerawanan yang dapat menggangu eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Indikasi melemahnya wawasan kebangsaan dapat diperhatikan dalam fenomena seperti menguatnya semangat primordialisme dalam pelaksanaan otonomi daerah, tumbuhnya gejala disintegrasi bangsa, dan munculnya sikap apatis terhadap proses pembangunan nasional.

Kegiatan Silaturahmi Kebhinekaan ini mengambil Tema “Damai Dalam Perbedaan Menuju Tangerang Gemilang”. “Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa keharmonisan dan mempererat tali persaudaraan maupun tali silaturahmi antar umat beragama, serta upaya dalam penanganan konflik sosial dapat dilakukan melalui langkah-langkah pendekatan persuasif, pendekatan kompromistis, dan pendekatan mediasi,” ucapnya.

Lanjut beliau Silaturahmi Kebhinekaan Pembauran Kebangsaan yang kita laksanakan pada kesempatan yang baik ini diharapkan dapat menjadi agenda penting yang harus dilakukan. Oleh karena itu, pelaksanaan Silaturahmi Kebhinekaan Pembauran Kebangsaan melibatkan peran semua unsur baik aparatur pemerintah, stakeholder, tokoh agama, tokoh masyarakat, Tokoh Pemuka Adat dan lainya agar dapat terus menciptakan iklim kondusif dan mendorong keterlibatan semua komponen masyarakat secara aktif dalam proses pembangunan. Dengan demikian diharapkan wawasan kebangsaan melalui Silaturahmi Kebinekaan Pembauran Kebangsaan yang kita laksanakan ini dapat menjadi dasar perekat yang signifikan atas keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Zaki juga mengatakan, dilaksanakannya Silaturahmi Kebhinekaan Pembauran Kebangsaan Tingkat Kabupaten Tangerang ini dimaksudkan agar kita semua para aparatur pemerintah dapat menyatukan kesamaan cara pandang ke dalam (Inward- Looking) dan Keluar (Outward-Looking) dari bangsa Indonesia mengenai berbagai permasalahan di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan untuk satu tujuan yaitu mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Saya berharap, ini akan memberikan penyegaran dan mengembangkan kembali semangat kebangsaan dalam rangka mengentaskan krisis yang dihadapi bangsa, selain tentunya melalui kegiatan ini akan lebih terjalin erat tali silaturrahmi di antara kita, sehingga akan semakin tumbuh rasa cinta terhadap bangsa, negara dan daerah,” tutup Zaki.

About

Check Also

Polisi Tangkap Pelaku Pencurian Rumah Kosong di Teluknaga Tangerang

TANGERANG – Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Teluknaga, Polres Metro Tangerang Kota berhasil membekuk satu …