Tingkatkan Kemampuan, Bintara Remaja Satbrimob Polda Banten Latihan SAR Air



Bintara Remaja Satbrimob Polda Banten laksanakan latihan kemampuan Search And Rescue (SAR) materi Pengenalan SAR Perairan di lapangan Satbrimob Polda Banten pada Sabtu (1/01).

Latihan SAR ini dipimpinnoleh Ipda Aris Widodo dengan diikuti oleh Bintara Remaja Brimob.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho mengatakan latihan ini dilaksanakan untuk mengevakuasi korban orang/barang dari tempat yang sulit dijangkau.

“Seluruh Bintara remaja melaksanakan Latihan SAR air dimana mereka harus mengikutinya dengan, agar dapat melakukan tindakan dilapangan yang benar saat memindahkan orang/barang dari tempat yang sulit dijangkau. Kegiatan ini sebagai upaya membantu masyarakat yang terkena bencana, seperti banjir,” kata Dwi Yanto Nugroho.

Dwi Yanto Nugroho menambahkan latihan SAR AIR ini untuk menambah dan memelihara kemampuan SAR AIR anggota Brimob Banten.

“Latihan SAR vertical rescue ini dilakukan untuk menambah pengetahuan dan memelihara kemampuan SAR anggota dalam menghadapi bencana alam,” terang Dwi Yanto Nugroho.

Lanjut Dwi Yanto Nugroho, “Bagi pasukan Polri khususnya Brimob harus siap siaga untuk penanggulanagan bencana alam, serta harus mampu melaksanakan tugas-tugas Lapangan yang diberikan dengan mempunyai daya kreatif dan skill dalam segala hal, sebab pasukan Polri harus mempunyai semboyan serba bisa, serba mungkin dan serba dapat.” ujar Dwi Yanto Nugroho.

Terakhir Dwi Yanto mengungkapkan bahwa target dari pelatihan SAR air ini dapat menghasilkan kekuatan SAR yang terintegrasi secara masif. Sehingga, pelayanan SAR yang dimiliki personel Brimob Banten bisa laksanakan tugas secara cepat dan optimal.

“Tugas SAR merupakan misi kemanusiaan dan memiliki dimensi moral yang tinggi. Bagi insan SAR, hal ini menjadi suatu kebanggaan apabila berhasil menyelamatkan nyawa korban,” tandas Dwi Yanto Nugroho.

Sementara itu, Ipda Aris widodo yang memimpin latihan ini menambahkan, “Bintara Remaja dapat mengikuti latihan dengan baik dan saya yakin mereka bisa mengaplikasikan disaat penugasan,” tutup Ipda Aris Widodo. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Petani Asal Cibeber Meninggal Tersambar Petir, Kapolres Lebak Jelaskan Kronologis

  Lebak – Seorang petani asal Kecamatam Cibeber Kabupaten Lebak, Rohanta Bin Idis (52) ditemukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *