POLRI BERLAKUKAN ADMINISTRASI KEPANGKATAN BARU, BIRO SDM POLDA BANTEN SOSIALISASIKAN KE JAJARAN

77

Tribratanewsbanten.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia mendapatkan pembaruan struktur Kenaikan pangkat, pembaruan ini tertuang dalam Peraturan Kapolri nomor 3 tahun 2016, perkap ini mengatur administrasi kepangkatan Polri.

Bag Binkar Biro SDM Polda Banten sebagai pengemban fungsi pembinaan personel meyelenggarakan pembinaan karier personel meliputi assesmen, mutasi, kepangkatan, pengangkatan dan pemberhentian dalam jabatan serta pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi dan dokumentasi kegiatan pembinaan personel.

Terkait hal tersebut, BagPolri  binkar Ro SDM melaksanakan sosialisasi tentang pembaruan administrasi kepangkatan kepada personil Polres Cilegon, yang dilaksanakan diconvention hall Krakatau hotel senin (3/10) dan di hadiri Kapolres Cilegon AKBP Romdon Natakusuma beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Karo SDM Nazirwan Aji Wibowo menekankan tentang motto pelayanan staf Biro SDM yaitu peka, responsive dan komunikatif, karena pelayanan di biro SDM terhadap personil polri, dimulai saat pertama mendaftar menjadi anggota polri sampai dengan anggota polri pensiun.

Dalam sosialisasi ini juga disampaikan tentang keputusan kapolri nomor 610/VI/2016 tentang rekam jejak perwira polri. Rekam jejak bertujuan merubah mindset terhadap kinerja personel dan mengajak setiap personel untuk mempersiapkan dirinya sendiri dalam membuat rekam jejak yang baik. Isi rekam jejak terdiri dari data identitas lengkap personel (hasil assesment center, catatan personel dari propam, hasil mapping psikologi, catatan rikkes berkala, SMK, riwayat jabatan, riwayat pendidikan dsb) dari seluruh catatan yang ada, rekam jejak diharapkan dapat menjadi sebuah metode pemetaan/kemampuan personel Polri dan menjadi acuan/ rekomendasi dalam pembinaan karier personel Polri. Secara umum rekam jejak seseorang dapat diukur sejauh mana seseorang bisa melaksanakan tugas yang diembannya dan diakui oleh bawahan, rekan, atasan dan masyarakat, sehingga diharapkan dapat membawa perubahan revolusi mental bagi individu/personel Polri itu sendiri. Jelas Kabag Binkar Ro SDM Kompol M. Adenan AS, SH.,S.Ik

Selaras dengan penekanan Kapolda Banten Brigjen Pol Drs Ahmad Dofiri, M.Si saat apel pagi kepada personel Polda Banten di Mapolda Banten senin (3/10) pagi,  dalam  program prioritas promoter kapolri program 1 giat 2, bahwa pembinaan karir anggota polri berdasarkan merit system dan rekam jejak. Sosialisasi ini bertujuan untuk menuju polri yang Profesional, modern dan terpercaya. Seluruh personil mengetahui dasar administrasi tingkat kepangkatan, sehingga kedepan  tidak ada lagi penumpukan pada tingkat pangkat tertentu dan rekam jejak adalah system aplikasi yang dibentuk untuk menyimpan catatan tugas anggota polri selama berdinas sehingga semua hal yang  telah dilakukan selama bertugas jelas diketahui, system ini dibentuk sebagai dasar untuk memberikan  reward atau punishment atas kinerja yg telah dilakukan, lanjut Kompol Adenan.

-ttu-

About

Check Also

Perbaikan Gorong-gorong !!! Polsek Pulomerak Polres Cilegon Bantu Lancarkan Arus Lalin Di Lebakgede

Cilegon | Demi laksanakan peningkatan pelayanan Prima Kepolisian, Polsek Pulomerak Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan …