Suasana Akrab Hiasai Aksi Damai Aliansi Buruh bersama Polda Banten

img-20191002-wa0097

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN,Serang – Aliansi buruh Provinsi Banten siang ini menggelar unjuk rasa menuntut revisi Undang-Undang buruh dan tolak kenaikan iuran BPJS. Kelompok massa bergerak menuju Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B) menjadi titik konsentrasi massa berkumpul.

Setibanya di lokasi, tampak Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir M.Si menghampiri buruh. Sesekali saut terdengar ‘hidup buruh’ dan Kapolda tak segan membalas dengan kata yang sama.

Aksi Irjen Pol Tomsi Tohir tersebut mengundang reaksi positif dari massa buruh. Tak sedikit massa menghampiri hanya untuk sekedar mengajak foto bersama dan candaan ringan.

“Bapak dari mana ?” Tanya Irjen Pol Tomsi Tohir kepada salah satu massa buruh yang sedang rehat sejenak menunggu komando mulainya aksi.

“Buruh Cikande Kabupaten Serang Pak,” saut Rudianto menyeringai dihampiri Irjen Pol Tomsi Tohir bersama perwakilan tiap aliansi buruh Provinsi Banten, Danrem 064/MY, PJU Polda Banten dan para Kapolres jajaran.

Terselip himbauan, Kapolda Banten menyerukan agar massa buruh dapat menyampaikan aspirasinya dengan tertib. Menurutnya, masyarakat Banten mempunyai kearifan lokal yang patut dijunjung dan dihormati.

“Sampaikan aspira dengan santun, jangan sampai terprovokasi. Saya yakin orang Banten cintai damai,” ujar Tomsi Tohir.

Kemudian, salah satu orasi dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Serang Gunawan mengatakan aksi damai saat ini patut dihargai. Pihak keamanan dari Polri, TNI dan buruh bersama-sama mengawal kepentingan bersama.

“Buruh menggelar aksi damai, Polisi dan TNI di Banten mengawal aksi kami dengan rasa kekeluargaan yang hangat. Ini patut dijadikan contoh oleh daerah lainnya,” kata Gunawan

Sebelumnya, Polda Banten dan jajarannya menggelar pengamanan aksi massa buruh. Sekitar 600 personel Polri dan TNI diturunkan melakukan pengawalan dan pengamanan aksi.

Jalur yang dilalui massa buruh mendapatkan pengawalan hingga akhirnya berkumpul di Kawasan Pusat Pemerintahan Banten, Kota Serang.

Sekitar pukul 14.00 Wib massa buruh memulai orasinya. Tak berselang lama, perwakilan serikat buruh diterima dan melakukan pertemuan bersama DPRD Provinsi Banten.

Saat dilakukan pertemuan tersebut, massa aksi buruh di luar bersama Polwan dan personel pengamanan malah asik berjoget bersama. Suasana hangat ini terbentuk begitu saja ketika massa menghampiri jejeran Polwan yang saat itu sedang melakukan pengamanan.

Hingga sekitar pukul 17.20 Wib, aksi massa buruh yang berlangsung damai ini meninggalkan lokasi dengan tertib dan mendapatkan pengawalan dari jajaran Lalu Lintas Polda Banten.

About

Check Also

Peduli Buruh dan Pekerja, Polda Banten Bagikan 1.200 Sembako

Serang – Pandemic Covid-19 sangat berdampak besar pada hampir segala segi ekonomi dan kehidupan masyarakat, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *