Delegasi Polri Kunjungi Akpol PNP di Filipina

Delegasi Polri yang diketuai oleh Irjen Pol M. Abdul Kadir kunjungi Akpol PNP di Filipina pada Rabu (14/12). Kunjungan ini didampingi oleh Atpol KBRI Filipina KBO Agus Setyoko dan STP KJRI Davao Kompol Alex Williem.

Seperti biasa, sebelum melaksanakan kegiatan keberangkatan menuju wisma kedutaan, dilakukan briefing terlebih dahulu oleh Ketua Delegasi Polri Irjen Pol M. Abdul Kadir. Kadir mengatakan bahwa dalam kegiatan kali ini akan diawali dengan sambutan Deputy Direktur Akpol PNP dan perkenalan Delegasi PNP dilanjut dengan sambutan pelaksana tugas kepala staf Akpol PNP dan yang intinya adalah presentasi tentang informasi Akpol PNP (PNPA). “PNPA merupakan public safety college. Lulusan PNPA ada 3 yaitu menjadi PNP, sipil lembaga pemasyarakatan dan petugas pemadam kebakaran. Ketiganya disebut Integrated National Police,” ucap Kadir.

Kemudian Kadir juga menjelaskan dari hasil diskusi tersebut sesuai dengan MoU sebelumnya bahwa akan adanya kerjasama dalam bidang pengembangan kurikulum, pertukaran pelajar taruna/taruni dan tenaga pengajar. Geografi Filipina memiliki karakter yang sama dengan Indonesia yaitu sama sama negara kepulauan tentunya aspek keamanan maritim juga menjadi tantangan saat ini dan yg akan datang Akpol dikenalkan materi ttg keamanan maritim dan tantangannya bagi kepolisian. “Lulusan Akpol PNP dapat ditugaskan sesuai dengan kekhususannya berdasarkan hasil tes psikologi dan penilaian lainnya,” ujar Kadir.

Terakhir, Kadir berharap dengan dibukanya program Akpol Internasional pada tahun pendidikan akhir di negara Asean dapat menguatkan hubungan antar taruna. “Dengan adanya program ini harapannya taruna/taruni ini dapat menjadi pemimpin masa depan di institusi kepolisian masing-masing negara Asean,” tutup Kadir. (Bidhumas).

About admin _

Check Also

Polsek Pulomerak Polres Cilegon !!! Lakukan KRYD wilayah Merak

Polsek Pulomerak Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan kegiatan antisipasi terjadinya 3C (curanmor, curat dan curas) …