Dirbinmas Polda Banten Laksanakan Penyuluhan Kamtibmas Kepada Komunitas Tani

CILEGON – Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Widiatmoko laksanakan penyuluhan dan edukasi dalam memelihara Kamtibmas pada komunitas wanita tani Kubang Lestari bertempat di Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon pada Rabu (02/08).

Hadir dalam kegiatan ini Dirbinmas Polda Banten didampingi Kasubdit Binpolmas AKBP Adi Chandra, Ketua KWT Kubang Kubang Lestari ibu Nungjiah, Camat Ciwandan Agus Ariadi, Kepala Desa Penauan bapak Damiri, dan seluruh peserta.

Dirbinmas Polda Banten mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan penyuluhan tentang pentingnya pemeliharaan Kamtibmas dilingkungan masing-masing. “Tugas menjaga Kamtibmas bukan hanya oleh Polri tetapi kewajiban seluruh warga negara Indonesia sesuai dengan Undang-Undang, peran serta aktif masyarakat dalam menjaga Kamtibmas dengan menjadi polisi bagi dirinya sendiri seperti tidak memakai perhiasan yang berlebihan, mematuhi peraturan, turut serta dalam menjaga keamanan lingkungan seperti melakukan Siskamling, dan tentunya peran ibu terhadap anaknya sangatlah besar termasuk menjaga keselamatan anaknya agar tidak melakukan perbuatan negatif seperti penyalahgunaan narkoba, balap liar dengan cara selalu mengecek keberadaan anak tersebut, dan biasakan disiplin sejak usia dini kepada anak,” tambah Widiatmoko.

“Dan tujuan lain kegiatan ini adalah melestarikan tanaman jagung ungu dan berbagai sayuran lainnya supaya bisa dikenal daerah lain dan bisa menambah lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar dengan adanya kegiatan ini bisa belajar untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan serta meningkatkan penambahan pendapatan untuk penduduk sehingga kehidupan sosial menjadi lebih baik,” jelas Widiatmoko.

Widiatmoko menjelaskan bahwa komunitas wanita tani Kubang Lestari dibentuk karena memiliki kesamaan kepentingan bersama. “Komunitas wanita tani yang dibentuk oleh para petani atas dasar kesamaan kepentingan, kesamaan kondisi lingkungan sosial, ekonomi, sumber daya, kesamaan komoditas, dan keakraban dan untuk meningkatkan tambahan pendapatan ,” kata Widiatmoko.

Widiatmoko memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melaporkan kepada kepolisian terdekat apabila mendapati tindak kejahatan. “Upaya antisipasi ini akan terus dilakukan Polri dengan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mencegah tindak kejahatan seperti curas, curat dan kejahatan lainnya, oleh sebab itu masyarakat harus waspada terhadap tindak kejahatan, dan apabila menemukan tindak kejahatan bisa segera melaporkan kepada kepolisian terdekat.” Himbau Widiatmoko

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …