Kapolda Banten Dampingi Kapolri Tinjau Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Merak

Serang-Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto mendampingi kunjungan kerja Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam rangka meninjau langsung arus mudik di Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Merak pada Senin (10/04). 

Dalam kunjungannya, Kapolri bersama Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, sejumlah PJU Mabes Polri didampingi Kapolda Banten, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, dan seluruh instansi terkait.

Dalam kesempatannya Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy membenarkan dan memastikan bahwa lebaran tahun ini Pelabuhan Ciwandan aktif digunakan sebagai jalur penyebrangan ke Pulau Sumatera. “Secara umum memang ada kebijakan penyesuaian didalam penanganan penyebrangan dari Merak ke Bakauheni maupun sebaliknya dibanding tahun lalu dan ini dilakukan pertama sesuai dengan arahan Bapak Presiden setelah kita melakukan evaluasi menanganan mudik tahun lalu. Beberapa catatan dari Presiden yang kita tindak lanjuti. kemudian karena adanya perubahan jumlah pemudik yang diperkirakan tahun ini mencapai 123 Juta pemudik tentu saja itu akan berpengaruh terhadap kenaikan jumlah yang akan menyebrang, maka dari itu ada beberapa keputusan yang sudah kita sepakati yang pertama yaitu penambahan pelabuhan, yang semula hanya Merak-Bakauheni, sekarang ini ditambah Ciwandan. Akan kami pastikan Pelabuhan Ciwandan dijadikan penyebrangan disamping Merak, kemudian dari arah Sumatera juga akan ada tambahan dua pelabuhan yaitu Pelabuhan Panjang dan Bakauheni dan itu sudah diatur dengan baik oleh ASDP, pihak kepolisian dan dapat dukungan dari TNI dan ini semua merupakan inisiatif dari Menteri Perhubungan,” jelas Menko PMK.

Selanjutkan Bapak Kapolri menyampaikan juga terkait hasil pengecekan kesiapan mudik tahun 2023. “Sesuai arahan Bapak Presiden bahwa kami melakukan pengecekan dan perencanaan bersama sehingga kesiapan dalam menghadapi arus mudik dan balik tahun 2023 ini bisa lebih baik. Dari hasil pengecekan bersama sudah ada beberapa penambahan terkait dengan kapasitas rest area, kemudian kapasitas tempat parkir dan ada juga pangaturan langsung antara Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Merak, penambahan ini bisa bermanfaat untuk mengurangi beban,” ujar Kapolri.

Kapolri juga menambahkan terkait penggunaan Pelabuhan Ciwandan. “Saya tambahkan agar terkait penggunakan Pelabuhan Ciwandan sebagai salah satu yang diaktifkan ini betul-betul disosialisasikan dari awal, personel disiapkan dengan baik, demikian juga rambu-rambunya harus disiapkan sehingga masyarakat yang belum tau Pelabuhan Ciwandan arahnya kemana ini bisa memudahkan. Selain itu, anjuran kepada masyarakat bahwa siang dan malam ini tentunya kecenderungannya malam hari jauh lebih padat dari pada siang hari, kita anjurkan pilih siang juga bisa di pilih tentunya kami dari Polri akan mengawal apabila ada kerawanan-kerawanan sepanjang jalan,” tutup Kapolri. (Bidhumas).

About admin

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …