Polda Banten Siap Amankan Arus Balik Lebaran, Pemudik Yang Gunakan Sepeda Motor Akan Dikawal Hingga Ke Perbatasan Jakarta

Hal tersebut dikatakan Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim kepada wartawan di rumah dinasnya. Rabu, (10/04).

“Kegiatan pengamanan arus balik ini menurut saya sangat penting, tolong nanti disosialisasikan kepada masyarakat. Dimana yang pertama, untuk kesiapan pengamanan arus balik kita akan lakukan pengamanan mulai dari hari Jumat, Sabtu, Minggu sampai dengan Senin. Kemungkinan puncaknya yaitu hari Sabtu dan hari Minggu, itu puncak arus balik dari Bakauheni ke pelabuhan Merak,” kata Kapolda Banten.

Jenderal bintang dua itu menjelaskan, bahwa pihaknya akan menyiapkan dua jalur yaitu jalur Cikuasa atas dan Cikuasa bawah. Hal ini dilakukan agar para pemudik dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman.

“Kami Polda Banten dan jajaran sudah mempersiapkan dua jalur, yang pertama Cikuasa atas. Jadi jalur Cikuasa atas itu diprioritaskan untuk bus dan kendaraan pribadi yang mengarah ke tol merak. Terus berikutnya, untuk pengemudi sepeda motor yang keluar dari pelabuhan Merak itu nanti akan kita arahkan melalui jalur Cikuasa bawah atau jalur arteri,” ucapnya.

Selain itu, untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor, Polda Banten akan melakukan pengawalan dari Pelabuhan Merak hingga perbatasan Jakarta.

“Dan khusus untuk pengemudi sepeda motor ini nanti akan kita lakukan pengawalan dari pelabuhan merak. Jadi, begitu keluar dari kapal selanjutnya langsung ngumpul di depan dermaga setelah itu kemudian nanti akan kita lakukan pengawalan. Dimana akan kita antar ke tempat transit pertama yaitu di polres Serang Kota, jadi setelah kita lakukan pengawalan kemudian nanti akan kita drop zone sementara di Polres Serang Kota. Sehingga masyarakat dapat istirahat di Serang Kota,” imbuhnya.

“Setelah itu, kemudian kita lanjutkan perjalanan ke lokasi drop zone kedua di wilayah Tangerang Kabupaten yaitu di Balaraja. Di Balaraja nanti di sana sudah kita siapkan lokasinya. Adapun pergeserannya akan kita kawal juga dari Serang Kota ke Balaraja. Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan perjalanan sampai dengan perbatasan Jakarta. Jadi, pada prinsipnya nanti pengaturan sepeda motor ini akan kita koordinir, kita kawal dan kita atur,” ungkapnya.

Terakhir, Kapolda Banten juga menyebutkan bahwa pihaknya akan menyiapkan berbagai fasilitas di drop zone agar pemudik dapat beristirahat.

“Nanti di drop zone ini kita siapkan semua kebutuhan masyarakat, baik fasilitasnya kita lengkapi dan sarana untuk istirahat kita berikan yang layak dan memadai,” tutupnya

About admin

Check Also

Polda Banten Gelar KRYD, Berhasil Amankan Puluhan Minuman Keras

Polda Banten melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran Operasi Miras dan Street Crime …