Polisi Kreatif dan Humanis, Inilah Sosok Bhabinkamtibmas Polsek Cileles Polres Lebak

Lebak – Polsek Cileles Polres Lebak Polda Banten memiliki Bhabinkamtibmas yang kreatif dan humanis dalam menjalankan tugasnya, ia adalah Bripka Okky Kurniawan. Disela-sela kesibukannya melayani masyarakat ia ikut andil mendidik anak-anak sekolah selain itu ia juga ikut serta mengajarkan edukasi Kamtibmas kepada para santri di Pondok Pesantren diwilayah binaannya yang berjumlah 9 pondok pesantren.

Dalam segi ekonomi Okky juga berhasil membangun lahan yang awalnya tidak produktif menjadi sangat produktif bagi masyarakat setempat, mulai dari hulu sampai menuju kolam yang ia rakit dari paralon bersama masyarakat dengan jarak 640 meter saluran air untuk mengairi kolam budidaya ikan.

Saat ditemui Bripka Okky Kurniawan, menceritakan bagaimana awal mula proses pembuatan budidaya ikan-ikan itu. “Budidaya ikan koi, ikan mas, dan ikan tawes terjadi itu awalnya saya melihat ada tanah sawah dan Balong milik seorang warga Desa Parungkujang yang kurang terawat dan penghasilan kurang, berhubung air melimpah akhirnya saya bersama warga belajar bagaimana cara budidaya ikan mas. Melihat hasil yang lumayan berhasil saya lanjut menambahkan ikan koi dan ikan tawes, Alhamdulillah berhasil juga,” ucap Okky.

Karena hasil dari budidaya ikan yang dibangunnya, Okky bersama satu warganya berhasil, warga lain pun ikut membudidaya ikan. “Warga yang berdekatan dengan sawah balong akhirnya turut serta dalam membudidaya ikan dan sekarang sudah ada total keseluruhan 20 balong sawah yang terdiri dari 14 sawah balong, 1 balong pejantan, 1 balong betina, 2 balong sawah untuk pemijahan atau perkawinan, 1 balong sawah untuk karantina sebelum ikan dikawinkan dan 1 balong sawah setelah ikan di kawinkan,” ujar Okky.

Untuk diketahui, tidak hanya balong, Bhabinkamtibmas dan warga juga membuat mina padi yang cukup berhasil hingga saat ini.

Kemudian Okky juga menjelaskan bagaimana cara kerja warga Desa Parungkujang merawat balong sawah tersebut. “Untuk kegiatan sehari-hari warga merawat budidaya ikan ini, biasanya pagi mereka kerja nyadap karet ada juga yang jualan di kampung, nah sore hari barulah mereka bergantian menjaga dan merawat balong sawah,” jelas Okky.

Selain itu, Bhabinkamtbmas Polsek Cileles Bripka Okky Kurniawan membentuk Komunitas Mutiara Disabilitas, dimana tujuannya tersebut untuk memberikan keterampilan kepada kaum disabilitas yang berada di wilayah Kecamatan Cileles. “Komunitas tersebut dibina langsung oleh saya yang diketuai oleh Bapak Asma dengan jumlah anggota 300 orang. Dari hasil budidaya ikan tersebut sebagian hasilnya juga kami bagi kepada penyandang disabilitas dan juga pondok pesantren di wilayah Kecamatan Cileles,” tuturnya.

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …