Dengar Keluhan dan Aspirasi Warga, Polda Banten Gelar Jumat Curhat di Desa Kadikaran

Serang – Dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, Polda Banten menggelar kegiatan rutin Jumat Curhat sebagai salah satu upaya menjaring masukan dari berbagai elemen masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor Desa Kadikaran, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang pada Jumat (24/02).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kabid Propam Polda Banten Kombes Pol Riko Junaldy, didampingi Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Sofwan Hermanto, Dirlantas Polda Banten diwakili Wadir Lantas Polda Banten AKBP Kukuh, Kapolsek Ciruas Kompol Hasan Khan, Kepala Desa Kadikaran Bapak Nuralim serta Tokoh Masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Kadikaran menyampaikan aspirasinya atas kegiatan Jumat Curhat yang digelar Polda Banten. “Saya senang dengan diselenggarakannya acara ini. Artinya akan ada perhatian, dialog dan diskusi dengan masyarakat khususnya di Kelurahan Taman Sari. Semoga acara ini dapat menjadi informasi bagi kepolisian,” kata Rahmat.

Sementara itu, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Sofwan Hermanto menanggapi beberapa pertanyaan dari Masyarakat. “Saya memerintahkan personel Bhabinkamtibmas serta Kapolsek setempat untuk berkoordinasi dengan instansi terkait tentang permasalahan tempat pembuangan sampah, kita juga harus peduli lingkungan untuk melatih anak agar membuang sampah pada tempatnya,” kata Sofwan.

“Binmas bertugas untun melakukan langkah preemtif untuk mengajak masyarakat agar tidak menjadi ancaman kejahatan yang dilakukan oleh siapapun, kan kami Binmas bertugas untuk memberikan solusi, sedangkan preventif bertugas untuk memberikan himbauan kepada masyarakat seperti geng motor yang dilakukan kelompok remaja yang penyebabnya adalah karena kosongnya waktu, kurangnya didikan dan kehadiran orang tua, dan ditanamkan jiwa solidaritas yang salah, dan tidak mengikuti kegiatan positif disekolah,” ucap Sofwan.

Sofwan juga memberikan tips kepada masyarakat agar tidak terhasut berita hoax di media sosial. “Agar kita tidak terhasut berita hoax yang berada di media sosial, maka dari itu kita harus melakukan pengecekan sumber kebenaran dan keakuratan berita tersebut sebelum menyebarluaskan berita tersebut,” jelas Sofwan.

Kemudian terkait dengan keamanan lingkungan agar Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) diberikan kewenangan menangani kejahatan dan permasalahan di linkungan. “Setiap kelurahan atau Desa sudah ada pembinaanya silahkan berkordinasi dengan baik dan dijalankan kegiatan ronda siskambling untuk keamanan lingkungan,” tambahnya.

Kabid Propam Polda Banten Kombes Pol Riko Junaldy menambahkan terkait permasalahan kenakalan personel Polri. “Kami dari Bidpropam Polda Banten menyampaikan jika ada temuan pelanggaran perilaku personel Polda Banten, jangan ragu untuk laporkan secara online di aplikasi Propam Presisi atau bisa menghubungi nomer WhatsApp 0812-1010-6700 serta bisa mendatangi langsung Propam Polda Banten maupun Polres Jajaran,” ucap Riko.

Wadir Lantas Polda Banten AKBP Kukuh menambahkan pentingnya menggunakan alat keselamatan saat berkendara. “Kepada seluruh warga harap bisa memberikan informasi kepada seluruh keluarga khususnya anak-anak, jika berkendara harap menggunakan alat keselamatan seperti Helm dan wajib berkendara setelah mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM),” terang Kukuh.

Kukuh memberi pesan kepada seluruh masayarakat untuk tertib berlalu lintas. “Kepada seluruh masayarakat agar tertib, patuh dan taat kepada peraturan berlalu lintas, dan jika tidak bersalah jangan merasa takut kepada petugas kepolisian,” terang Kukuh.

Terakhir, perwakilan Tokoh Masyarakat juga memberikan apresiasi dengan kegiatan Jumat Curhat Polda Banten ini. “Kami merasa bahagia hari ini dikunjungi Polda Banten dan mendapatkan pencerahan,” tutupnya.

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …