Jadi Pembina Upacara Hari Senin, Kapolsek Tirtayasa Berikan Edukasi Bahaya Bullying Kepada Pelajar

IMG-20231120-WA0021

Polres Serang – Mencegah adanya aksi perundungan (bullying) terhadap anak, Polsek Tirtayasa melaksanakan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) dengan sasaran pelajar di wilayah hukum Polres Tirtayasa.

Dipimpin Kapolsek Tirtayasa Iptu Yogi Haribowo bersama dengan anggota, petugas memberikan pembinaan dan penyuluhan terhadap siswa-siswi saat menjadi pembina upacara di SMA N 1 Tirtayasa, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Senin (20/11/2023).

Iptu Yogi Haribowo menerangkan bahwa yang dimaksud dengan perundungan/bullying adalah perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal fisik ataupun sosial di dunia nyata maupun dunia maya.

“Tindakan tersebut membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok,” jelasnya.

Yang termasuk jenis bullying yaitu fisik (memukul, menampar, mendorong, menggigit, menendang, mencubit, pelecehan seksusl, dll) dan non fisik (mengancam, mempermalukan, merendahkan, mengganggu, memanggil dengan julukan atau kecacatan fisik, dan lain – lain.)

Adapun upaya pencegahan bullying oleh anak dapat dilakukan dengan mengembangkan budaya relasi/pertemanan yang positif, saling mendukung satu sama lain, merangkul teman yang menjadi korban bullying, memahami dan menerima perbedaan tiap individu di lingkungan sebaya dan ikut serta membuat dan menegakkan aturan sekolah terkait pencegahan bullying.

Selain menyampaikan terkait perilaku bullying, Kapolsek juga menyampaikan terkait dengan antisipasi Narkoba pada kalangan remaja.

Pada kesempatan ini, Kapolsek Tirtayasa menyampaikan, bahaya Narkoba dan pergaulan bebas sekarang ini semakin merajalela, dan ini sering juga terjadi kepada para pelajar, maka itu diharapkan kepada murid-murid agar jangan sekali-kali menggunakan Narkoba dan jangan sampai terjerumus ke dalam pergaulan bebas, karena ini akan berdampak pada masa depan kalian semua.

“Untuk mengantisipasi hal ini, Kapolsek memberikan pesan kepada para siswa dan siswi agar lebih giat belajar untuk masa depan kalian semua, dan dekatkan diri kepada Allah S.W.T, agar kita semua terhindar dari hal yang membuat kita rugi”, ungkap Kapolsek.

Tak lupa juga, Iptu Yogi menghimbau kepada para guru agar lebih mengawasi anak-anak di sekolah, dan selalu berikan pemahaman terkait hal ini kepada murid-murid agar mereka bisa lebih menjaga diri mereka sendiri, baik di sekolah maupun saat berada diluar sekolah.

About admin

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …