Polda Banten Gelar Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Serang – Dalam rangka kesiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Polda Banten menggelar rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Lilin Maung Tahun 2022 yang bertempat di Aula Serbaguna Polda Banten pada Senin (19/12).

Kegiatan Rakor ini dipimpin oleh Irwasda Polda Banten Kombes Pol Eko Kristianto didampingi Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto, Dirintelkam Kombes Pol Heska Wahyu Widodo, diikuti oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo, Kasi Ops Korem 064/Maulana Yusuf Kolonel Inf Rahman Fikri, Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Banten Saldhy Putranto, perwakilan Basarnas Provinsi Banten serta diikuti Pejabat Utama Polda Banten dan Kapolres jajaran.

Dalam sambutannya Irwasda Polda Banten Kombes Pol Eko Kristianto mengatakan bahwa perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan dua agenda Kamtibmas yang memiliki latar belakang religi dan sosial budaya yang telah mengakar dan menjadi sebuah tradisi dalam kehidupan masyarakat Indonesia. “Mencermati tantangan dan potensi kerawanan yang ada, maka bisa disimpulkan bahwa Operasi Lilin Maung 2022 memiliki tantangan yang tidak kalah besar dari tahun sebelumnya, oleh karena itu diharapkan melalui Rakor ini dapat menjadi momentum untuk mempersatukan pemikiran dan sumber daya, guna memastikan terwujudnya keamanan, keselamatan serta kenyamanan bagi masyarakat,” ucap Eko.

Kemudian dalam paparan Dirintelkam Kombes Pol Heska Wahyu Widodo menjelaskan perkiraan intelijen terkait Operasi Lilin Maung Tahun 2022. “Dalam Operasi Lilin Maung Tahun 2022 kita akan berfokus pada Pam Perayaan Natal dan Pam Perayaan Pergantian Tahun dengan tugas pokok operasi kemanusiaan di wilayah hukum Polda Banten yaitu mengedepankan tindakan preventif dan represif guna mengupayakan penaggulangan serta pencegahan terjadinya gangguan Kamtibmas baik dalam bentuk aksi teror, kriminalitas, Laka lantas dan kemacetan arus lalu lintas,” kata Heska.

Sementara itu Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono menerangkan bahwa Polda Banten telah menyiapkan jumlah personel yang akan dilibatkan pada Operasi Lilin Maung 2022. “Polda Banten telah menyiapkan jumlah kekuatan yang terlibat dalam Operasi Lilin Maung 2022 sebanyak 3.247 personel yang terdiri dari 1.696 personel Polda Banten, 292 personel TNI dan 1.259 personel dari instansi terkait,” ujar Dedi.

Selanjutnya Rakor dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi bersama instansi terkait mengenai persiapan pengamanan Operasi Lilin Maung 2022. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Penyidik Unit Harda Satreskrim Polres Serang Limpahkan Perkara Kekejari Serang

Penyidik Unit Harta Benda (Harda) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Serang melimpahkan tersangka berikut barang …