PT Pelindo Regional 2 Banten dan Polda Banten Berbagi Kepedulian: Menyediakan Air Minum dan Kopi Gratis untuk Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

PT Pelindo Regional 2 Banten berkomitmen untuk melayani arus balik angkutan lebaran tahun 2024 dari Sumatera ke Jawa, yaitu dari Pelabuhan Panjang, Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan, Banten. Tiga kapal, yaitu KMP. ALS Elvina, KMP. Panorama dan KMP. Amadea, akan beroperasi mulai tanggal 12 April 2024 hingga 18 April 2024. Langkah ini diambil sesuai dengan surat dukungan dari Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, dengan tujuan untuk mengurai kemacetan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Dari tanggal 12 April 2024 hingga 14 April 2024 pukul 20.00 WIB, Pelabuhan Ciwandan telah melayani tujuh kedatangan kapal untuk lintasan Panjang-Ciwandan dengan jumlah kendaraan roda dua sebanyak 1.334 unit dan mobil sebanyak 75 unit.

PT Pelindo Regional 2 Banten telah menyiapkan berbagai fasilitas, termasuk Dermaga 05A, Dermaga 03 dan Dermaga 07, serta kantong parkir di lapangan TPS 01 seluas 7.000 M2 untuk motor dan mobil. Kondisi saat ini masih relatif lancar.

Pelindo juga menyiapkan petugas pelayanan keamanan dengan pola 24/7, petugas pandu, dan dua unit Kapal Tunda dari Pelindo. Dukungan juga diberikan oleh PT Krakatau Bandar Samudera dan PT Pelabuhan Cilegon Mandiri yang masing-masing menyediakan satu unit Kapal Tunda.

Kegiatan angkutan lebaran di Pelabuhan Ciwandan ini juga didukung oleh berbagai instansi terkait, termasuk penyediaan petugas kesehatan dan satu unit ambulance dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Banten, petugas KSOP Kelas I Banten, petugas keamanan dari Kepolisian Setempat yaitu KSKP, Polres Cilegon dan Polda Banten, serta Petugas BPTD Wilayah VIII Banten dan PT ASDP (Persero) Cabang Merak.

Kondisi keamanan di dalam Pelabuhan Ciwandan masih relatif aman dan teratur, dan cuaca hari ini cerah. Tidak terjadi antrian di dalam Pelabuhan Ciwandan untuk motor dan mobil yang masih didominasi oleh motor.

Dalam mendukung Arus Balik Tahun 2024 ini, Pelindo Regional 2 Banten dan Polda Banten menyediakan air minum dan kopi gratis kepada penumpang motor arus balik yang sampai di Pelabuhan Ciwandan. Pembagian air minum dan kopi dilakukan secara langsung oleh General Manager Pelindo Regional 2 Banten Yohanes Wibowo Situmeang dan Dirintelkam Polda Banten Kombes Pol Heska Wahyu Widodo, serta petugas lainnya dari Pelindo Regional 2 Banten, Polda Banten, Polres Cilegon, KSKP Banten dan KSOP Kelas I Banten. Selain itu, pemudik motor keluar Pelabuhan Ciwandan mendapat pengawalan yang dilakukan oleh Lantas Polres Cilegon dan Polda Banten.

About admin

Check Also

Polda Banten Gelar KRYD, Berhasil Amankan Puluhan Minuman Keras

Polda Banten melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran Operasi Miras dan Street Crime …