Siswa Diktuk Bintara Polri Gel II SPN Polda Banten Terus Latih Kemampuan Pengendalian Massa

Pandeglang – Dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa, SPN Polda Banten terus melakukan pelatihan dan pembelajaran Pengendalian Massa (Dalmas) pada Selasa (25/10).

Pembelajaran ini untuk meningkatan kemampuan serta kualitas dalmas siswa Diktuk Bintara Polri Gel II SPN Polda Banten dilakukan dua kali dalam seminggu dengan jadwal pembelajaran pada Senin dan Selasa.

Kegiatan pembelajaran Dalmas ini dimulai pada pukul 08.00 Wib hingga pukul 17.00 Wib digelar di Lapangan hitam SPN Polda Banten. Kombes Pol Noffan Widyayok!Selaku Katim pembelajaran tersebut mengawasi langsung dalam pembelajaran tersebut.

Pembelajaran dalmas kali ini dengan materi latihan Dalmas awal dan Dalmas Lanjut sehingga dengan menghadapi massa pengunjuk rasa dengan tingkatan eskalasi massa pengunjuk rasa yang sudah tidak tertib atau berwarna kuning. Pelatihan kali ini menggunakan perlengkapan khusus Kepolisian mulai dari tameng, tongkat, serta senjata laras licin (flash ball) dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) serta kendaraan taktis ( Rantis) AWC serta di Back Up oleh 1 Peleton Raimas (Pengurai Massa) dengan menggunakan kendaraan R2.

Pembelajaran dalmas lanjut ini menggunakan formasi kompi bersyaf dalam bentuk Skenario Simulasi Pengunjuk Rasa sehingga para personel mampu memahami tahap-tahapan dalam menghadapi akses massa pengunjuk rasa.

Kombes Pol. Noffan WidyayokobSelaku Katim menyampaikan maksud dari latihan ini. “Sebanyak 248 Siswa Diktuk Bintara Polri Gel II SPN Polda Banten mengikuti pembelajaran Dalmas dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan kesiapsiagaan personel dalam menanggulangi aksi unjuk rasa,” ujar Noffan.

Kemudian Noffan juga mengatakan pembelajaran ini dilakukan dengan tujuan melatih fisik. “Kegiatan pembelajaran ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih fisik, dan kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan,” ucap Noffan.

Dijelaskan, hari ini siswa Diktuk Bintara Polri Gel II T.A 2022 SPN Polda Banten melakukan rangkaian kegiatan mulai dari peningkatan kemampuan Dalmas awal, kemudian dilanjutkan dengan Dalmas lanjutan. “Jadi rangkaian hari ini betul-betul adalah rangkaian yang mulai dari Dalmas awal kemudian ada tim Negosiator didalamnya kemudian juga ada unit raimas,” tutur Noffan.

Terakhir Noffan berharap pembelajaran ini dapat menciptakan sosok anggota Polri yang siap dari segi mental maupun fisiknya. “Harapannya juga dengan pembelajaran ini kita menciptakan sosok seorang anggota Polri yang sudah siap dari segi mental dan fisiknya serta untuk bersip siaga di dalam menghadapi segala bentuk ancaman dan segala bentuk persoalan yang nantinya akan terjadi,” tutup Noffan.

About admin _

Check Also

Polda Banten Gelar KRYD, Berhasil Amankan Puluhan Minuman Keras

Serang – Polda Banten melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran Operasi Miras dan …