Guru di Lebak Raih Juara Terbaik Guru Dedikatif Tingkat Nasional

Uas Romansah, guru SMPN 9 Satap Cibeber, Kecamatan Cibeber dinobatkan sebagai guru terbaik kedua kategori guru dedikatif pada gelaran kegiatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Tahun 2023.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Lebak, Hari Setiono mengapresiasi capaian yang berhasil diraih guru profesional tersebut. Pasalnya, penghargaan itu diselenggarakan langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Ya, alhamdulilah atas prestasi dan dedikasi yang luar biasa dari pak guru Uas Romansah SMPN 9 Satap Cibeber sebagai terbaik ke dua tingkat nasional kategori guru SMP dedikatif pada ajang GTK tahun 2023 yang diselenggarakan Kemendikbudristek,” kata Hari kepada wartawan, Rabu, (20/12/2023)

Masih kata Hari, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Lebak, karena peningkatan sumber daya manusia ini sangat penting didalam pembangunan.

Uas, lanjut Hari, bisa seperti saat ini karena intensitas peningkatan SDM yang terus dilakukan dinas pendidikan. Khususnya, peningkatan kapasitas Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Guru.

“Dengan ketersediaan tenaga kependidikan dan tenaga pendidik yang memiliki kualifikasi baik secara kualitas dan kuantitas didalam memenuhi pelayanan dasar khususnya di bidang pendidikan di Kabupaten Lebak,” kata Hari.

Belakangan ini, lanjut Hari, Dinas Pendidikan juga melaksanakan bimbingan teknis peningkatan kapasitas kepada kepala sekolah. Tujuannya untuk mewujudkan Kepala Sekolah yang profesional dalam mengelola satuan pendidikan dan meningkatkan pengetahuan, sikap dan pemahaman tenaga kependidikan dalam penerapan kurikulum merdeka di satuan pendidikan.

“Dari kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas ini untuk mencetak dan mewujudkan Kepala Sekolah dan guru yang profesional dalam mengelola satuan pendidikan di masing-masing sekolah,” pungkas Hari.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, Maman Suryaman mengatakan, Uas Romansah membuat bangga seluruh keluarga besar dinas pendidikan Kabupaten Lebak yang penghargaan bertepatan dengan momen peringatan hari guru tahun 2023.

“Ini adalah kado terindah dari seorang guru hebat untuk Kabupaten Lebak. Saya secara pribadi maupun atas nama keluarga dinas pendidikan merasa bangga. Diharapkan ini menjadi motivasi bagi para guru lainnya untuk berprestasi,” kata Maman.

Lebih lanjut Maman menjelaskan, tantangan yang dihadapi para guru pada era seperti saat ini cukup komplek. Dibutuhkan dedikasi yang seutuhnya oleh guru sehingga dapat menghasilkan anak didik unggul dan berkarakter terlebih para guru yang tinggal di pelosok kampung dan desa.

“Guru sangat berperan dalam penguatan pendidikan karakter bagi anak didiknya, dimana guru harus mencontohkan apa yang disampaikan dan akan ditiru oleh anak didiknya. Keteladanan yang dicontohkan guru akan memudahkan penerapan nilai-nilai karakter bagi peserta didik,” terang Maman. (Ajat)

 

About admin _

Check Also

Polsek Pulomerak Polres Cilegon !!! Lakukan KRYD wilayah Merak

Polsek Pulomerak Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan kegiatan antisipasi terjadinya 3C (curanmor, curat dan curas) …