Polda Banten Gelar Rakor Lintas Sektoral Ops Ketupat Maung 2023

Serang – Dalam rangka kesiapan menghadapi Idul Fitri 1444 H/ Tahun 2023, Polda Banten menggelar rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat Maung Tahun 2023 yang bertempat di Aula Serbaguna Polda Banten pada Rabu (12/04).

Kapolda Banten Irjen Pol Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto yang dalam kesempatan ini diwakili Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif didampingi Irwasda Polda Banten Kombes Pol Eko Kristianto dan Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono memimpin kegiatan tersebut, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah dan diikuti oleh seluruh Forkompinda Provinsi Banten.

Dalam sambutannya Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif mengatakan bahwa rapat ini dilaksanakan untuk memperoleh informasi dari instansi terkait dalam rangka mempersiapkan pengamanan Idul Fitri 1444 H/ Tahun 2023. “Puncak arus mudik tahun ini diprediksi mulai dari tanggal 17 s/d 20 April 2023, sedangkan arus balik mulai dari tanggal 26 s/d 28 April 2023 dan pelaksanaan Operasi Ketupat Maung selama 14 hari mulai dari tanggal 18 April s/d 1 Mei 2023,” kata Sabilul.

Kemudian Sabilul juga menjelaskan bahwa Polda Banten menggelar 39 Pospam, 6 Posyan dan 1 Posko terpadu Merak serta Pos Pantau di jalur Tol maupun arteri juga Dermaga di Pelabuhan. “Operasi ketupat ini merupakan operasi kemanusiaan guna mengamankan salah satu kegiatan besar masyarakat, yakni arus mudik dan arus balik, fatalitas korban laka lantas serta perayaan hari raya Idul Fitri,” ucap Sabilul.

Sementara itu Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono menerangkan bahwa Polda Banten telah menyiapkan jumlah personel yang akan dilibatkan pada Operasi Ketupat Maung 2023. “Polda Banten telah menyiapkan jumlah kekuatan yang terlibat dalam Operasi Ketupat Maung 2023 sebanyak 1.820 personel yang terdiri dari 520 personel Polda Banten, 170 personel Polresta Tangerang, 184 personel Polresta Serang Kota, 374 personel Polres Cilegon, 180 personel Polres Lebak, 187 personel Polres Serang, 205 personel Polres Pandeglang, dan 92 personel BKO dari Mabes Polri,” ujar Dedi.

Diakhir Dedy menyebutkan penekanan yang diterapkan pada Operasi Ketupat Maung 2023. “Keberhasilan tugas Ops bukan keberhasilan tugas satu instansi tetapi keberhasilan semua pihak oleh karena itu perlu adanya kebersamaan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi, petakan kerawanan sepanjang jalur arteri, minimalisir ego sektoral keberhasilan pelaksanaan tugas adalah kewenangan dan tanggung jawab bersama,” tutup Dedy. (Bidhumas)

About admin

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …